Brilio.net - Jika kamu mengunjungi Jogja, kamu perlu mengunjungi Jalan Jaksa-nya Jogja, yakni kawasan bule Prawirotaman. Tempat ini pun unik, dibagi menjadi tiga wilayah.

Kawasan Prawirotaman I adalah daerah yang paling terkenal. Selain penginapan, di kawasan ini juga terdapat fasilitas wisata lainnya seperti agen tour travel, warnet dan wartel, cafe dan resto, hingga bookshop. Di cafe dan resto yang tersedia, kamu bisa menikmati banyak masakan khas Jawa, Eropa, maupun paduan keduanya. Bookshop yang tersedia menyediakan buku-buku bagus dengan harga yang lebih murah.

Nah, Prawirotaman II dan Prawirotaman III adalah kawasan yang berbatasan langsung dengan pasar tradisional. Berjalan-jalan di pasar tradisional pada pagi hari merupakan alternatif wisata yang menarik untuk kamu. Selain bisa menyaksikan hiruk pikuk warga yang tengah berbelanja, kamu juga bisa mencicipi panganan khas Yogyakarta yang banyak dijual.

Namun daerah itu lebih dikenal dengan nama Jalan Gerilya. Menurut cerita, kawasan itu merupakan markas Prajurit Hantu Maut (laskar jaman perjuangan kemerdekaan Indonesia) yang dipimpin oleh Tulus. Di salah satu sudut jalan, anda bisa menemukan sebuah batu tulis yang dibuat untuk memperingati perjuangan pasukan tersebut.

Sebenarnya banyak sekali situs warisan budaya yang berada di kawasan ini, namun di samping pertumbuhan hotel-hotel besar di kawasan ini para bangunan cagar budaya ini seperti mulai tersisihkan.