Brilio.net - Museum Kareta Karaton di Yogyakarta selain menyimpan berbagai jenis kereta kuda ternyata juga menyimpan berbagai cerita mistis. Ada beberapa pengunjung yang mengaku bisa melihat sesuatu yang tak kasat mata.

"Iya, pengunjung itu pernah cerita ada yang mau foto patung kuda tapi kudanya malah kelihatan lari-lari di layar handphone, aneh kan?" kata Suhardi, salah seorang abdi dalem penjaga Museum Kareta Karaton kepada brilio.net, Kamis (26/3).

"Padahal kami saja yang sudah menjaga museum ini puluhan tahun malah tidak pernah lihat hal begituan."

Selain itu, kereta tertua di museum yakni kereta Kanjeng Nyai Jimad yang sudah ada sejak tahun 1750 juga menyimpan misteri. Beberapa pengunjung mengaku pernah melihat penampakan ratu laut selatan di kereta tersebut.

"Ya beberapa bilang begitu, pernah lihat ada Nyi Roro Kidul di dalam kereta Kanjeng Nyai Jimad. Kalau saya sendiri sejauh ini belum pernah melihat," tambah Suhardi.

Loading...

Meskipun begitu, museum itu tetap ramai oleh pengunjung setiap harinya. Kamu bisa menikmati pemandangan kereta-kereta tua keraton sekaligus belajar sejarah di sana. Tiketnya juga murah kok, cuma Rp 5.000 saja dan Rp 1.000 jika ingin foto-foto.