Brilio.net - Bagi kebanyakan orang, PNS adalah pekerjaan impian. Jaminan kesejahteraan, prestise di masyarakat dan dapat pensiunan menjadi alasan kenapa pekerjaan ini selalu diminati.

Dorongan agar menjadi PNS juga dialami Aris Zulkifli, mahasiswa S2 Kedokteran UGM yang memilih membuka usaha kebab. Orangtua Aris sempat meminta agar anak lelakinya meneruskan karier sebagai PNS. Demi masa depan anaknya yang cerah, mereka sudah menyediakan 'tempat' khusus untuk anaknya.

Namun, Aris tak sepemikiran dengan orangtuanya. Hati kecilnya memberontak. "Aku nggak mau kalau KKN. Biar kata orang tua duit banyak buat mbayar orang, aku tetep nggak mau. Kalau nanti gajian nggak ngerasain senengnya gajian dong, karena gajian sama aja kaya atasan ngembaliin uang sendiri buat masuk dulu," ungkapnya.

Tak masalah bagi Aris berdebat dengan orangtuanya tentang pekerjaan. Baginya menciptakan lapangan pekerjaan itu lebih baik dan menyenangkan dibandingkan mencari pekerjaan.

"Kalau kata orang kuliah itu untuk modal cari kerja dan sayang ilmunya ketika lebih memilih wirausaha, mereka salah. Orang kuliah tinggi-tinggi itu tujuannya untuk membangun, untuk mengabdi, jadi harusnya semakin tinggi ilmu orang semakin siap pula orang itu untuk membuka lapangan pekerjaan," tuturnya panjang lebar.

Supaya berguna bagi banyak orang, Aris lebih memilih berwirausaha jualan kebab buah. Kesuksesannya membuka 5 warung cabang dia gunakan untuk meyakinkan kedua orangtuanya kalau dia bisa sukses tanpa harus menjadi PNS.

Orang tuanya pun lambat laun mendukung usaha Aris dan memberinya sokongan dana.