Brilio.net - Gempa bumi yang mengguncang Nepal beberapa hari lalu tentunya membawa duka mendalam bagi seluruh orang di dunia, terutama bagi kerabat maupun keluarga korban. Gempa berkekuatan skala 7,9 skala richter itu tentunya juga memutus komunikasi di Nepal, sehingga banyak orang yang tidak tahu bagaimana nasib teman maupun keluarga yang menjadi korban.

Cek keselamatan gempa bisa lewat Facebook, ada notifikasi khusus gempa

Berawal dari situlah, founder dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, membuat inovasi baru di Facebook yang diberi nama Safety Check. Inovasi ini akan memberikan notifikasi apakah wilayah kamu aman dari gempa atau tidak. Selain itu kamu juga bisa mengetahui siapa saja teman kamu yang selamat ataupun menjadi korban gempa.

"Pagi ini kami mengaktifkan Safety Check untuk orang yang terkena dampak gempa bumi Nepal. Ini adalah cara sederhana untuk mengetahui apakah keluarga maupun temanmu selamat. Jika kamu berada di salah satu daerah yang terkena gempa, kamu akan mendapatkan pemberitahuan yang menanyakan apakah kamu aman dan apakah kamu ingin memeriksa temanmu yang lainnya. Ketika bencana terjadi, orang perlu mengetahui apakah keluarga maupun kerabat yang mereka cinta selamat. Ini adalah momen ketika konektivitas begitu terasa benar-benar penting. Duka saya yang mendalam untuk semua orang menjadi korban atas tragedi ini," tulis Mark di halaman Facebooknya.

Notifikasi ini bisa kamu dapatkan dengan mengklik link https://www.facebook.com/safetycheck/nepalearthquake. Beberapa orang memuji ide Mark karena dirasa sangat membantu. "Ide yang bagus Mark, aku mendapat notifikasi bahwa temanku baik-baik saja," ungkap salah seorang pengguna facebook Leni Ithindi.