Brilio.net - Balsem merupakan salah satu obat luar asli nusantara yang mempunyai banyak manfaat. Di antara khasiatnya yaitu meredakan pegel-pegel, keseleo, gatal, serta memperlancar peredaran darah.

Tapi saat ini penggunaan balsem mulai ditinggalkan dan beralih ke minyak angin roll yang banyak beredar di pasaran. Masih adanya kontak secara langsung dengan tangan membuat balsem dianggap kurang praktis. Hal itulah yang akhirnya mendorong lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptalan balsem roll aromaterapi.

Lima mahasiswa pembuat balsem roll aromaterapi adalah Dewi Fitrotun Nikmah, Siti Rosidah, Nurdin Kurniawan S., Bayu Styawan, dan Sandi Sopiyan. Selama ini, balsem yang beredar masih menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Di tangan mereka, balsem dibuat menjadi sangat Indonesia. Mereka memanfaatkan bahan rempah yang melimpah di Indonesia sebagai salah satu bahan pembuatan balsem.

Bukan cuma deodoran, balsem pun ada edisi roll on, made in IPB!

Tim pembuat roll on balsem

"Balsem kami mengandung minyak atsiri dari tumbuhan obat Indonesia. Saat ini ada tiga varian, yakni jahe, lemon, dan green tea," terang Dewi kepada brilio.net, Jumat(12/6).

Dewi menjelaskan bahwa balsem roll aromaterapi ini membuat balsem menjadi lebih praktis karena tak ada kontak langsung dengan tangan. Biasanya kontak dengan tangan itu membuat panas sehingga orang enggan menggunakan balsem.

Untuk membuat balsem roll aromaterapi ini, Dewi dan kawan-kawan harus berkali-kali melakukan percobaan menurunkan kadar dispositas kepadatannya. "Kesulitannya itu karena produk kita baru. Kalau balsem di pasaran itu teksturnya agak padat, kita inginkan dispositasnya turun agar bisa keluar dari roll," terang Dewi yang merupakan mahasiswa Teknologi Hasil Hutan ini.

Setelah melalui percobaan berkali-kali, akhirnya mereka pun menemukan tingkat dispoditas yang pas untuk balsem roll aromaterapi. Harga untuk satu balsem roll aromaterapi ukuran 10 ml ini terbilang murah. Hanya dengan Rp 9.000 kamu sudah bisa mencoba aromaterapi yang ada pada balsem itu.

Tertarik mencobanya?

HOT NEWS:

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Ini penjelasan kenapa sosok ayah tak tampak di biskuit Khong Guan

5 Sinetron lawas yang perlu kamu tonton kembali karena pesan moralnya

Berbisnis sejak kelas 3 SD, Ayu kini beromzet Rp 60 juta per bulan

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak