Brilio.net - Ilmuwan Mayo Clinic, Florida, Amerika Serikat berhasil menemukan cara untuk menjinakkan sel kanker dengan mengubahnya ke dalam bentuk sel normal. Terobosan ini tentu dapat menjadi langkah positif dalam pengobatan tumor dan kanker.

Dalam penelitian tersebut, sel kanker payudara, paru-paru dan kanker kandung kemih untuk pertama kalinya dapat diubah menjadi sel jinak. Sel kanker yang semula berbahaya berfungsi seperti halnya sel normal. Sel tersebut juga tidak akan melipatgandakan diri serta mengalami pertumbuhan yang membahayakan.

Sejauh ini, hasil tersebut sudah diujicobakan di laboratorium langsung terhadap sel manusia. Namun para peneliti berharap suatu hari nanti ditemukan metode yang lebih 'ramah' sehingga pasien tidak perlu melakukan kemoterapi atau operasi.

"Kami harus mampu mengembalikan fungsi sel normal," kata Panos Anastasiadis, profesor dari Department for Cancer Biology yang dilansir brilio.net dari Telegraph, Rabu (26/8).

"Percobaan awal pada beberapa jenis kanker yang agresif memang sangat menjanjikan. Ini merupakan biologi baru yang tak terduga yang menyediakan kode dan perangkat lunak untuk mematikan kanker."

Loading...

Sementara itu, ahli kanker di Inggris mengatakan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Cell Biology itu telah berhasil memecahkan teka-teki yang membuat ahli biologi kebingungan selama beberapa dekade. "Ini penemuan di luar dugaan," ujar Dr Chris Bakal dari Institute for Cancer Research.

"Kami telah berusaha mengamati bagaimana sel-sel normal menekan kanker, dan menghentikannya untuk membelah diri satu sama lain. Ini menjadi misteri besar.

"Saya pikir rasanya tidak mungkin Anda bisa mengembalikan sel tumor ke bentuk semula hanya dengan satu mekanisme, tetapi ini adalah temuan yang sangat menarik."