Brilio.net - Siapa yang tidak tahu boneka lucu dan menggemaskan ini? Boneka beruang yang dikenal dengan nama Teddy Bear ini sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Namun siapa yang menyangka ternyata, awal mula pembuatan boneka ini terinspirasi dari presiden ke-26 Amerika Serikat, Theodore Roosevelt.

Seperti dilansir brilio.net dari Theodore Roosevelt Association, Senin (15/6), pada tahun 1902 terjadi sengketa wilayah di Amerika Serikat antara negara bagian Missisipi dan Lousiana. Kedua gubernur negara bagian tersebut kemudian menghubungi presiden Roosevelt untuk menengahi sengketa tersebut.

Boneka imut ini memakai nama Presiden AS, siapa & bagaimana kisahnya?

Presiden Roosevelt pun menyanggupi permintaan mereka, dia memutuskan untuk menjelajahi daerah sengketa tersebut sekaligus berburu beruang hitam selama lima hari. Keputusan Presiden tersebut membuat banyak wartawan tertarik untuk meliputnya. Setelah 4 hari berburu, belum satu pun beruang didapatnya. Pada hari ke-5, seorang pemburu diam-diam menangkap anak beruang dan mengikatnya ke pohon agar bisa ditembak Presiden. Hal ini dia lakukan agar reputasi presiden tetap terjaga.

Ketika Roosevelt melihat beruang tersebut, dia menolak membunuhnya. Dia tidak mau membunuh hanya untuk kesenangan semata. Hal itu disaksikan oleh Clifford Berryman, seorang kartunis harian Washington Post. Clifford segera membuat gambaran kejadian tersebut dalam bentuk kartun sehingga kisah ini menjadi terkenal hingga sekarang.

Loading...

Seorang laki-laki bernama Morris Michtom memiliki toko permen dan alat-alat tulis. Istrinya yang bernama Rose kadang-kadang membuat boneka beruang kecil yang diletakkan di jendela toko mereka. Morris melihat kartun beruang di koran dan mendapatkan ide. Dia minta istrinya membuat beberapa beruang khusus seperti yang ada dalam gambar kartun itu.

Lalu Morris menulis surat yang ditujukan ke Gedung Putih, menanyakan apakah beruang baru itu boleh diberi nama seperti nama presiden. Presiden membalas surat itu, "Saya pikir nama saya tidak begitu berharga dalam bisnis beruang, tapi anda boleh saja menggunakannya."

Maka Morris meletakkan beruang-beruang baru itu di jendela tokonya, di sebelah gambar kartun. Boneka beruang itu dinamai dengan nama panggilan Presiden Roosevelt, Teddy. Dan sampai sekarang boneka beruang tersebut terkenal dengan nama Teddy Bear.

BACA JUGA:

Bukan hiu bukan pula singa, lalu apa hewan paling mematikan di dunia?

Kamu pernah bertanya-tanya, kenapa hewan memiliki ekor?

Lebih banyak mana follower kamu dengan follower Twitter 4 hewan ini?

VIDEO: Hewan apakah ini, monster laut?

Sebenarnya Marsupilami itu hewan apa sih?

Ingat serial kartun legendaris Catdog? Dia hewan apa sih sebenernya?

Buaya hewan setia, tapi kenapa identik dengan pria hidung belang?

Ini merek rokok pertama di Indonesia, mereknya pakai nama hewan