Brilio.net - Seorang gadis kecil asal Rusia berusia 6 tahun, Virsaviya Borun-Goncharova telah memenangkan peluang hidup yang sekaligus menjawab keraguan dokter tentang kelahiran dirinya. Sang ibu yang merupakan single parent, Dari Borun, yang sempat diberitahu bahwa anaknya tidak akan bertahan hidup, kini menyaksikan putri cantiknya tumbuh hingga usia enam tahun.

Dikutip dari Metro.co.uk dan NBC Miami, Minggu (1/11), bocah penyuka kuda dan lumba-lumba ini menderita kondisi yang disebut Pentalogy of Cantrell, gangguan bawaan langka yang mana dialami oleh satu dari satu juta kelahiran. Bayi yang lahir dengan kondisi ini dipastikan mengalami kelainan (cacat) dengan tingkat keparahan sangat bervariasi, dan yang terparah adalah mengancam jiwa. Dalam kasus ini dampak terhadap Virsaviya adalah jantungnya menyembul ke luar di bagian dada dan perut. Dia juga tidak memiliki otot perut (diafragma).

"Aku tahu mengapa saya memiliki hati luar, karena Yesus ingin menunjukkan bahwa dia bisa membuat hal-hal khusus seperti saya," tutur gadis kecil itu. "Jantungku berada di sini, di luar dadaku dan aku sangat menyayangi ibuku, dia selalu menyentuh jantungku karena dia menyukainya," tambah Virsaviya.

Pertanyaan besar yang selalu terngiang di kepala Borun adalah sampai kapan putri kecilnya mampu bertahan dengan kondisi semacam ini. Virsaviya sempat dibawa berobat ke Boston, Inggris namun karena biayanya terlalu memberatkan sehingga operasi tak dilaksanakan. Pekerjaannya pun tak menyartakan asuransi kesehatan.

Bocah ini bertahan hidup meski lahir dengan jantung menyembul ke luar

Namun, empati dari masyarakat berhasil menggalang dana sebesar USD 18.400 dari total USD 20.000 yang dibutuhkan. Biaya ini akan digunakan untuk perawatan Virsaviya sampai bisa melakukan operasi dua tahun kemudian. Kondisi bocah yang juga suka menari dan menyanyi ini belum memungkinkan sebab tekanan darah yang terlalu tinggi.

 

We're introducing you to this sweet girl from Russia, who now lives in South Florida. She was born with her heart outside of her chest. Hear more about her story, and how you can help with her much-needed medical expenses: on.nbc6.com/2aCYHu6

Posted by NBC 6 South Florida on 28 Oktober 2015