Brilio.net - Hampir semua anak yang masih duduk di sekolah dasar pasti memiliki keinginan untuk dapat bermain bersama teman-teman sepulang sekolah. Karena untuk usia sekecil itu yang ada dalam pikiran mereka pasti tidak jauh-jauh dari bermain. Namun sepertinya hal itu tidak berlaku untuk Bintang. Anak laki-laki berusia sekitar 11 tahun ini sehari-harinya adalah seorang penjual teh keliling di daerah Sawojajar, Malang, Jawa Timur.

Sosok Bintang pertama kali mencuri perhatian para pengguna Facebook saat ada salah satu pengguna Facebook dengan akun bernama Ayoe Eoya mengunggah foto Bintang lengkap dengan keterangan foto yang mendeskripsikan tentang keseharian bocah ini. "Malam itu Bintang ketuk pagar rumah saya dan dia bilang ingin main. Setelah saya ajak masuk dan saya tanya-tanya ternyata dia penjual teh botol keliling yang memang sehari-hari berjualan di sekitar kompleks dari rumah ke rumah," cerita Dyah Ayu, si pangunggah foto, pada brilio.net Sabtu (13/6).

Ayu juga menambahkan bahwa malam itu Bintang terlihat sedikit lelah dengan pakaian yang sedikit lusuh. Kepadanya Bintang bercerita bahwa sehari-hari dia berjualan teh botol dengan menggunakan sepeda. Teh jualannya biasanya dia simpan dalam tas sekolah. Sehari-hari dia biasa membawa 6-10 botol dalam tasnya yak tak tentu habis terjual setiap harinya.

"Bintang mengaku mulai berjualan sejak pulang sekolah jam 2 siang sampai jam 7 malam. Bintang juga cerita bahwa dia sendiri yang berinisiatif untuk menjual teh karena ingin membantu ibunya, dan satu botol teh dijualnya dengan harga Rp 4.000 dengan pendapatan per hari sekitar Rp 10.000-Rp 15.000," lanjut Ayu.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Bintang sendiri merupakan anak kedua dari 3 bersaudara yang hidup dalam keluarga yang bapak-ibunya bercerai, di mana sudah lama sekali dia tidak bertemu ayahnya. Awalnya ibunya melarang Bintang berjualan, tapi akhirnya Bintang dapat meyakinkan ibunya dan dia diperbolehkan untuk berjualan teh asalkan harus kembali pulang ke rumah tak lebih dari pukul 7 malam.

Ibunya sendiri sehari-hari memiliki usaha menjual pakaian, namun saat ini usaha ibunya terpaksa akan terhenti karena kurangnya pembeli. Sementara untuk Bintang sendiri sempat membantu ibunya berjualan jilbab. "Bintang juga cerita kalau dia setiap hari selalu belajar sepulang berkeliling, meskipun mengantuk dia tetap mencoba terjaga untuk belajar. Waktu saya tanya cita-cita Bintang, dia tersenyum malu-malu menjawab bahwa dia mungkin ingin menjadi tentara, tapi belum tau juga menurutnya. Jadi apapun dia kelak semoga masa depannya bersinar dalam terang dan gelap serta berguna bagi sekitar layaknya Bintang."

BACA JUGA:

VIDEO: Mengharukan penyandang autisme berjuang melawan kanker

Seorang ibu pasang iklan mencari 'ayah sementara' untuk anaknya

Ayah ini ingin 6 anaknya disuntik mati

Kisah pilu seorang bocah yang kehilangan anjing kesayangannya

Wow, bocah 9 tahun kantongi 119 gelar martial arts

Dahsyat, bocah ini menangkan AMI Awards berkat tembang Walang Kekek

Kebaikan sepele 2 bocah kakak-beradik ini contoh nyata kepedulian

Berkat meme lucu wajahnya, bocah ini kumpulkan uang untuk obati ayah

VIDEO: Kisah haru bocah hafalkan Al-Fatihah demi kirim doa ke ibunya

Hafit, bocah SD yang kayuh sampan 2 jam seberangi lautan ke sekolah

Bocah SD jualan gorengan demi menghidupi ibu dan kakak, salut!

Bocah ini sumbangkan 25 cm rambutnya kepada penderita kanker

Bocah usia 9 tahun ini membangun rumah untuk gelandangan

(brl/pep)