Brilio.net - Indonesia memang dikenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah, termasuk flora dan faunanya. Ada berbagai macam tumbuhan dan hewan yang sudah sering ditemukan hingga yang langka sekalipun, salah satunya hewan bersayap mirip naga. Hah? Memangnya ada gitu, hewan mirip naga di Indonesia?

Naga sendiri saat ini masih dipertanyakan keberadaannya. Selama ini kita kenal sosok naga hanya dari buku cerita maupun film saja. Tapi baru-baru ini ilmuwan digegerkan dengan keberadaan hewan bersayap layaknya naga yang nyatanya memang benar-benar ditemukan di Indonesia.

Dikutip brilio.net dari higherperspectives, Kamis (10/9), hewan tersebut adalah Draco Volans yang masuk ke dalam spesies kadal. Memang jika dilihat dari penampakannya, hewan ini mempunyai bentuk layaknya kadal kebanyakan. Namun yang membuatnya istimewa adalah adanya sayap di samping kanan dan perut yang membuat banyak orang mengiranya sebagai naga. Wuih!

Draco Volans sendiri sebenarnya sudah ditemukan sejak tahun 1758. Namun baru-baru ini kembali membuat geger dunia internasional. Hewan ini hidup di hutan dengan cara berterbangan dari puncak pohon ke pohon satunya. Panjangnya mencapai 23 sentimeter. Draco Volans bisa ditemukan di Indonesia, Filipina dan Malaysia. Namun hingga kini para ilmuwan tersebut belum mau membeberkan dimana lokasi pasti penemuan hewan mirip naga itu.

Wah, kira-kira di Indonesia bagian mana ya?