Brilio.net - Bisnis bisa dimulai sejak muda. Apalagi zaman internet seperti sekarang, bisnis lebih mudah berkembang. Tidak harus berbisnis yang konvensional, bisnis cara atau barang yang sifatnya segmentis bisa menjadi penopang mata pencaharian asalkan kita seirus menggarapnya. Seperti yang dilakoni Rizki Hendriyanto, pemuda 19 tahun ini menggeluti bisnis knalpot mobil.

Rizki memang menggemari otomotif. Bahkan dia tergabung dalam klub mobil yang ada di Bandung, tempat tinggalnya. Nah, anggota klub sering berkumpul dan kerap membincangkan masalah perkembangan modifikasi otomotif.  Kebetulan kawan satu klubnya meminta tolong Rizki untuk mencarikan knalpot, dari situlah dia melihat peluang bisnis terbuka lebar.  

Tepatnya akhir tahun 2013 Rizki memulai bisnis. Ketika itu dia mendapatkan barang dari penjual di sekitaran Bandung saja. Keuntungan yang didapat Rizki masih tak seberapa. Ketika liburan sekolah tiba, dia berkeliling ke kota-kota yang ada di Jawa Tengah untuk mendapatkan onderdil dengan harga murah. "Kadang aku berangkat sendiri, kadang juga aku ajak teman,” ceritanya kepada brilio.net Sabtu (24/10) via telepon.

Rizki mendapatkan produsen modifikasi knalpot di Purwokerto, Jawa Tengah. Dia memesan beberapa item dari produsen itu.  Lantaran ketika itu Rizki belum lulus SMA, produsen knalpot sempat ragu. “Mungkin aku masih bocah," kata mahasiswa semester 5, sebuah universitas swasta di Bandung. Lama kelamaan si produsen percaya. Apalagi Rizki rutin mengambil barang dan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Dua tahun menjalani bisnis, kini Rizki bisa meraup keuntungan rata-rata Rp 10 juta- Rp 15 juta perbulan. Apalagi Rizki tak perlu membuka toko, dia menjalani bisnisnya dengan memanfaatkan media sosial. Pelanggan Rizki tak hanya dari Bandung saja, meluas sampai Bengkulu, Bali, dan Tasikmalaya.

Loading...

“Kalau mau usaha jangan tergantung sama orang, berusahalah mencari sumber alirannya. Jangan takut rugi, coba dulu,” pesannya.

Cerita ini disampaikan oleh Rizki melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapa pun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu.