Semua cerita hari ini bisa menginspirasi Anda untuk menyelesaikan tantangan Intel #ZEROTOHERO. Lengkapnya di sini: https://www.facebook.com/IntelIndonesia

Brilio.net - Fokus dan konsentrasi untuk berkembang menjadi lebih maju bukanlah hal yang sulit, dibutuhkan kemauan dan ketekunan untuk meraihnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Wina Wilanisa Wirsatyo (26) sebagai seorang Public Relation (PR) di sebuah perusahaan multi country, Zeno Group Indonesia. Latar belakang sebagai anak diplomat tak menghentikannya untuk fokus dalam mencapai cita-cita, meskipun ia harus berpindah-pindah sekolah di berbagai negara.

Sejak SMA, keinginan Wina untuk lebih mendalami komunikasi sudah mulai muncul. Saat ia kuliah di New York, Amerika Serikat keinginannya terjun di dunia komunikasi semakin menjadi setelah memutuskan mengambil konsentrasi Public Relation dan juga belajar Advertising. Baginya, komunikasi itu punya peran penting terutama di perusahaan, dan juga sebagai pekerjaan yang menarik, dinamis, membantu orang, tentunya bisa bertemu banyak orang.

Berani hadapi tantangan era digital, Wina ukir kesuksesannya

foto: instagify

Kemauan yang keras untuk mencapai sesuatu sudah menjadi karakter Wina sejak kecil. Masa kuliah pun ia isi dengan mencoba magang di beberapa perusahaan, semua itu berkat dorongan mentor yang ingin anak didiknya terbiasa dengan dunia kerja, dan bagi Wina sendiri merupakan kesempatan menimba ilmu di dunia kerja.

"Sejak dulu, saya termasuk orang yang bisa dibilang baik dalam hal perencanaan. Saat kuliah pun sempat magang di beberapa perusahaan sesuai arahan mentor yang benar-benar memberikan dukungan kuat kepada muridnya sembari kuliah. Sarannya agar terbiasa dalam dunia kerja, dan juga mendapatkan banyak ilmu di perusahaan (mengenai dunia komunikasi dan public relations)," kata Wina kepada Brilio.net, Rabu (25/11).

Kesuksesan Wina sebagai praktisi Public Relations sudah banyak menuai prestasi. Selama 4 tahun di Zeno Group, telah banyak apresiasi yang dia dapatkan dari perusahaan maupun dari klien. Baru-baru ini Wina mendapatkan penghargaan “The Dan Award 2015” yaitu penghargaan yang diberikan setiap tahun ke satu karyawan Zeno Group dari seluruh dunia yang berprestasi dan memiliki nilai-nilai yang junjung tinggi oleh founder perusahaan yaitu Dan Edelman.

Ditanya tentang sosok yang sangat berpengaruh terhadap perjalanan hidupnya, Wina menyebut keberadaan kombinasi orang yang ada di sekitar bisa memberi dukungan kuat untuk sukses, terutama kedua orang tua.

Menurutnya, untuk bisa bertahan di tengah arus teknologi yang semakin maju, harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi semaksimal mungkin, dan tentunya fungsional sesuai kebutuhan. Tak kalah penting untuk tetap menjalin komunikasi yang baik, seperti berkomunikasi dua arah secara langsung. "Intinya, gunakanlah teknologi seperlunya. Teknologi ada untuk membuat hidup mudah. Jangan sampai hidup kamu menjadi ribet gara-gara teknologi," sebutnya.

Berani hadapi tantangan era digital, Wina ukir kesuksesannya

foto: Dok Pribadi Wina 

Perempuan yang pernah tinggal di Finlandia, Selandia Baru hingga New York ini pun sangat bangga dengan kemajuan industri kreatif di Indonesia. Indonesia menurutnya berkembang pesat, dan tingkat kreativitas anak mudanya semakin maju seperti art, fashion dan aplikasi kekinian.

Tapi, selain industri kreatif merupakan potensi besar di Indonesia, ia menyarankan pelakunya untuk tetap menjaga progress dan kuat menancapkan brand yang dibangun karena saat ini sistem informasi tersebar sangat cepat dan sangat mudah ditiru orang lain. Selain itu bisa membaca peluang, dengan kemudahan dan kecepatan teknologi bisa mencari peluang yang begitu beragam, melalui internet, misalnya.

Baginya, kesuksesan saat ini bisa ditopang dengan teknologi. Ia sangat terbantu dalam hal pekerjaan dengan teknologi yang semakin canggih saat ini, seperti mengerjakan proyek dari klien. Menurutnya, yang penting hubungan interpersonal dengan manusia yang lain tetap terjaga. Kemampuan teknologi dan interaksi dua arah dengan sesama manusia akan saling mendukung untuk meraih kesuksesan tersebut. "Gunakanlah teknologi dengan apa yang kita perlukan. Apa yang benar-benar penting dan kamu butuhkan," tambahnya.

Perlu kamu tahu, perempuan asli Jakarta ini masuk nominasi Top 5 Southeast Asia Young Achiever of the Year oleh Campaign Asia. Wina berharap tahun depan bisa lebih baik lagi, lebih meningkatkan lagi apa yang sudah dilakukan saat ini. Ingin dapat kesempatan kerja di luar negeri dan memegang project multi country, di Asia Tenggara misalnya. Sukses Wina.

Sementara Anda terinspirasi kisah-kisah mereka, ikuti tantangan kami di Facebook untuk mendapatkan kesempatan menjadi bagian dari pasukan Zero to Hero serta memenangkan PC berprosesor Intel Pentium setiap minggunya. Informasi detail silakan ke: https://www.facebook.com/IntelIndonesia