Brilio.net - Kebiasaan menabung tampaknya saat ini terasa lebih susah untuk sebagian orang. Hal itu selalu disertai alasan yang bermacam-macam, misalnya saja mengatakan bahwa penghasilan mereka tidak cukup jika harus disisihkan sebagai tabungan. Tapi sebenarnya tidak ada penghasilan yang kurang selama kita bisa mengatur pengeluaran kita.

Contohnya saja wanita 24 tahun yang bernama Jenni Hill ini yang berani mengubah gaya hidupnya demi menyisihkan uang untuk membeli sebuah rumah. Cara yang dilakukan Jenni bisa dibilang unik dan sangat bisa kita ikuti.

Dilansir brilio.net dari dailymail.co.uk, Rabu (22/4), Jenni yang biasanya membeli makan siang di luar mulai mencoba untuk membuat bekal makan siangnya sendiri. Dan bayangkan kalau kamu terapkan cara ini. Jika biasanya kamu keluarkan sekitar Rp 7.000 sampai Rp 15.000 untuk sekali makan, dengan membawa bekal sendiri atau memasak sendiri kamu bisa menghemat Rp 210.000 sampai Rp 450.000 per bulannya.

Belajar menabung tapi tetap bisa eksis ala Jenni Hill, kamu bisa coba!

Selanjutnya, jika kamu biasanya senang sekali belanja, cobalah untuk membeli aneka baju secondhand tentunya dengan kualitas yang masih bagus ya. Jenni sendiri yang memang sangat senang belanja. Demi menabung, dia lebih sering mengunjungi bazar-bazar baju-baju secondhand. Dan kalau kamu masih belum bisa mengurangi hasrat belanjamu, kurangilah waktu berjalan-jalan supaya kamu nggak laper mata.

Selain itu kamu juga bisa mencoba menjual kembali barang-barang yang sudah tidak kamu pakai. Seperti misalnya baju, aksesoris, sepatu, dan lainnya. Kamu bisa menjualnya via media sosial atau di bazar-bazar. Sekarang, coba deh kamu liat di dalam lemari pakaianmu, pasti ada beberapa potong pakaian yang sudah tidak terpakai. Daripada hal itu membuat kamarmu semakin penuh, coba jual kembali agar kamu juga bisa dapat untung.

Belajar menabung tapi tetap bisa eksis ala Jenni Hill, kamu bisa coba!

Sementara Jenni juga lebih memilih untuk melakukan beberapa proyek recycle untuk membuat beberapa furniture yang akan dia letakkan di rumah barunya nanti. Dan hal ini juga pastinya bisa kamu tiru. Daripada membeli barang-barang baru, lebih baik kamu coba untuk membuat sendiri. Misalnya saja kamu bisa membuat kotak aksesoris dari kardus sepatu. Sangat sederhana, kan?

Nah, coba deh kamu lakukan sendiri seperti cara menabung ala Jenni Hill di atas. Mulai dari membawa bekal makan sendiri, mengurangi waktu jalan-jalan, membeli barang secondhand, menjual barang yang tak terpakai, sampai mencoba beberapa proyek do it yourself (DIY) dan lihat berapa rupiah yang nanti bisa kamu dapatkan. Selamat mencoba ya!