Brilio.net - Pernahkah kamu mengalami pengalaman buruk nggak bisa 'bersih-bersih' saat buang air kecil di Urinoir? Tentu kondisi ini sangat menjengkelkan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Urinoir adalah tempat buang air kecil berdiri yang diperuntukkan untuk laki-laki. Jenis toilet ini biasanya berada di tempat-tempat umum, seperti bioskop, mal, restoran, kafe, dan fasilitas umum lainnya.

Urinoir merupakan jenis toilet otomatis yang dapat menyiram air kencing dengan sendirinya. Dengan demikian, orang lain yang hendak menggunakan toilet tidak terganggu karena bekas air kencing sudah tersiram secara otomatis. Namun sayangnya, air baru bisa keluar jika orang yang buang air kecil telah meninggalkan Urinoir.

Urinoir sebenarnya jenis toilet yang mengadopsi teknologi sensor inframerah. Sensor ini akan bekerja apabila terdapat panas (suhu badan) yang mendekat. Ketika seseorang mulai mendekati Urinoir, sensor akan aktif dan mengeluarkan air. Air tersebut ditampung terlebih dahulu, lalu dikeluarkan  5-10 detik setelah orang tersebut meninggalkan Urinoir. Agar air bisa keluar dan dipakai untuk 'bersih-bersih', ada trik khusus yang bisa kamu lakukan yang dihimpun dari berbagai sumber.

Pertama, hindari sensor inframerah mendeteksi suhu tubuhmu dengan menggeser badanmu ke kiri atau ke kanan. Gunakan segera air yang telah keluar untuk 'bersih-bersih'. Cara ini bisa kamu praktikkan jika kondisi toilet sepi dan tidak ada orang lain.

Loading...

Kedua, tutup sensor dengan benda-benda yang kamu bawa, misalnya ponsel, dompet, atau apapun yang bisa digunakan untuk menghalangi sensor agar tidak bekerja. Cara ini terbukti ampuh untuk menonaktifkan sensor sehingga air dapat keluar dan bisa kamu gunakan untuk membasuh.

Terakhir, cara ini adalah pencegahan. Sebelum kamu pergi ke toilet, persiapkan tisu atau sebotol air yang nantinya dapat kamu pakai 'bersih-bersih'.

Jenis Urinoir terbaru malah diciptakan tanpa air. Urinoir ini memanfaatkan gaya gravitasi dan perangkap ruang yang dirancang khusus diisi dengan cairan yang dinamakan Sealant. Meski tidak disiram air, bekas air kencing tidak akan berbau dan hilang dengan sendirinya.

HOT NEWS:

Menyeramkan, pulau misterius ini membunuh siapa saja yang datang

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi