Brilio.net - Kalau ngaku penduduk Indonesia pasti tahu dong yang namanya bedug? Bedug biasanya ada di masjid-masjid yang zaman dahulu digunakan untuk memberitahu sudah tiba waktu sholat sekaligus memanggil para jamaah untuk hadir di masjid. Nah, tahukah kamu bahwa bedug terbesar di dunia ada di Kota Purworejo, Jawa Tengah?

Nama bedug tersebut adalah bedug Pendowo. Ukurannya sangat besar dan tercatat sebagai bedug terbesar di dunia. Bedug ini memiliki panjang 2,92 meter dan berdiameter depan 1,94 meter dan belakang mencapai 1,8 Meter. Sementara untuk memaku kulit banteng pada bedug dibutuhkan lebih dari 200 paku.

Bedug terbesar di dunia, hanya ditabuh tiap jumat dan hari besar

Menurut pemerhati sejarah Purworejo, Ilhan, bedug tersebut dibuat pada masa pemerintahan bupati Purworejo yang pertama yaitu Cokronegoro I.

Ini awalnya untuk melengkapi Masjid Agung yang selesai dibangun di tahun 1834. Cokronegoro punya ide untuk melengkapinya dengan bedug istimewa. Lalu oleh adiknya yang juga Wedana Bragolan dipilihkan bongkot (pangkal) kayu jati di Pendowo, Kecamatan Purwodadi, jelasnya pada brilio.net, Senin (18/5).

Bedug Pendowo berada di dalam Masjid Agung Purworejo yang letaknya persis di barat alun-alun Purworejo. Keistimewaan Bedug Pendowo tersebut selain terbesar di dunia juga hanya akan ditabuh pada menjelang sholat Jumat dan hari-hari besar keagamaan saja.