Brilio.net - Bukankah menjadi harapan semua orang memiliki tubuh yang sehat serta terbebas dari berbagai jenis penyakit? Tetapi hal ini tidak semudah harapanmu untuk merealisasikannya. Beberapa orang mungkin pernah mengalami berbagai gangguan pada kesehatannya. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang terjangkit penyakit, mulai dari kurangnya kesadaran kebersihan lingkungan, kebersihan diri sendiri, faktor makanan dan minuman.

Nah, kadang penyakit yang menyerangmu ternyata akibat tertular dari teman, keluarga, atau kerabat tanpa disadari. Penyakit-penyakit menular ini belum banyak orang tahu. Apa saja sih kira-kira penyakitnya? Berikut brilio.net rangkum berbagai penyakit menular yang perlu kamu waspadai, seperti yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (25/11):

1. Tifus

Banyak orang tak tahu ternyata 6 penyakit ini menular, hati-hati ya!

foto: blogdokter.com

Loading...

Tifus adalah penyakit infeksi pada usus halus yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Biasanya ditandai dengan demam yang suhunya naik secara bertahap hingga membuat penderita menggigil. Biasanya demam terjadi di malam hari dan mereda, kemudian akan naik lagi di malam berikutnya. Gejala yang lain dapat berupa  sakit kepala, sakit di bagian perut, denyut jantung menurun, sampai kehilangan nafsu makan.

"Biasanya banyak orang mengira bahwa penyakit ini tidak menular karena orang awam mengira tifus adalah penyakit pencernaan biasa. Padahal tifus menular, karena disebabkan oleh bakteri," ujar dr Aziz Ramadhan, saat dihubungi brilio.net.

2. Diare

Banyak orang tak tahu ternyata 6 penyakit ini menular, hati-hati ya!foto: jagakesehatan.com

Banyak orang mengira diare tidak menular, padahal tidak sepenuhnya benar begitu. Namun, dr Aziz menerangkan kalau penyakit diare terjadi karena virus maka termasuk kategori menular.

Penularannya terjadi akibat tangan  terkontaminasi virus atau bakteri yang berasal dari kotoran penderita. Pencegahannya cukup dengan menjaga kebersihan tubuh terutama tangan. "Kalau diare karena makanan, misalnya makan pedas kebanyakan. Itu tidak menular," lanjut Aziz.

3. Pneumonia

Banyak orang tak tahu ternyata 6 penyakit ini menular, hati-hati ya!foto: hemensaglik.com

Pneumonia atau radang paru-paru adalah suatu peradangan yang disebabkan oleh bakteri, virus, maupun parasit lainnya. Peradangan terjadi pada pulmonary alveolus (alveoli) yang seharusnya bertugas untuk menyerap oksigen dari atmosfer. Akan tetapi karena terjadinya peradangan, organ ini menjadi terisi cairan sehingga penyerapan oksigen terganggu dan menyebabkan sulit bernapas. Gejalanya dimulai dari demam, batuk, hingga mengalami kesulitan bernapas.

"Kalau pnemonia penularannya melalui udara yang tercemar oleh bakteri, virus, atau parasit dari si penderita. Makanya biasanya kalau sudah sangat parah penderita akan berada di ruang karantina," terang Aziz.

4. Polio

Banyak orang tak tahu ternyata 6 penyakit ini menular, hati-hati ya!foto: mulaisehat.com

Penyakit ini menyerang tubuh terutama pada bagian otot dan syaraf yang dapat mengakibatkan pelemahan otot yang bersifat permanen. Akhirnya tubuh dapat mengalami kelumpuhan bahkan hingga kematian.

Penyakit ini disebabkan oleh virus polio yang sangat menular. Virus polio ini dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita.

"Nah ini kadang yang jadi kesalahan masyarakat awam, orang berpikir polio adalah cacat lahir karena biasanya memang menyerang anak kecil bahkan bayi," kata Aziz.

5. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Banyak orang tak tahu ternyata 6 penyakit ini menular, hati-hati ya!foto: medicastore.com

DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegeypti betina. Gejala yang umum terjadi adalah demam tinggi beberapa hari, sakit pada persendian, munculnya bintik-bintik merah, turunnya trombosit secara drastis, dan bisa terjadi pendarahan.

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk yang menggigit penderita kemudian menggigit orang lainnya. Makanya kadang terjadi kasus saat di suatu kampung ada beberapa orang yang terjangkit DBD bersamaan.

6. Cacingan

Banyak orang tak tahu ternyata 6 penyakit ini menular, hati-hati ya!foto: kompasiana.com

Cacingan adalah penyakit yang masih marak di Indonesia. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya kesadaran dalam menerapkan pola hidup sehat dan sanitasi yang buruk. Pada penderita cacingan, akan ditemukan cacing pada tubuhnya, biasanya cacing ini dapat dikeluarkan lewat buang air besar, ataupun dari mulut dan hidung.

Untuk mencegahnya, kamu harus rajin mencuci tangan dan memotong kuku. Kamu juga harus menjaga kebersihan lingkungan apalagi kalau di daerahmu sudah banyak yang terjangkit cacingan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan Guys! Yuk, mulai sekarang jaga kebersihan diri dan lingkungan.