Brilio.net - Artis dan penyanyi, Anggun C Sasmi, lagi-lagi menjawab kecaman publik atas surat terbukanya yang dikirim kepada Presiden Joko Widodo. Dalam surat itu, penyanyi Indonesia yang banyak berkarir di Prancis ini menentang hukuman mati dan meminta agar Presiden Jokowi mengampuni (memberi grasi) Serge Atlaoui, warga Prancis yang menjadi terpidana mati kasus narkoba.

Permintaannya ini langsung mendapat kecaman dari banyak netizen. Mengetahui hal ini, Anggun pun melakukan beberapa kali pembelaan. Kali ini lewat akun Twitter-nya, Anggun membela diri dengan meminjam kata-kata Nelson Mandela dan Mahatma Gandhi.

"An eye for an eye makes the whole world blind." - Mahatma Gandhi. Death penalty is not a solution, it's an act of vengeance. ("Mata diganti mata membuat seluruh dunia buta"- Mahatma Gandhi. Hukuman mati bukan solusi, ini merupakan aksi balas dendam).

Leader Attending the Asia Africa Conference:
When South Africa's Constitutional Court was created under President Nelson Mandela, his first act to abolish the death penalty. (Ketika Mahkamah Konstitusi Afrika Selatan di bawah Presiden Nelson Mandela, tindakan pertamanya adalah untuk menghapuskan hukuman mati).