Brilio.net - Lima orang tewas dan lebih dari 100 orang luka-luka, saat banyak wilayah Jepang Barat dan Tengah pada Minggu (24/1) mengalami turunnya salju paling lebat di beberapa kota besar dan kecil.

Salju tersebut mengakibatkan gangguan pada jaringan transportasi, ratusan penerbangan dibatalkan oleh bandar udara regional dan layanan 'kereta peluru' dari West Japan Railway Co dihentikan.

Lembaga Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan salju sejauh ini turun di Prefektur Nagasaki dan Kagoshima di bagian barat-daya negeri tersebut. Nagasaki menerima salju paling banyak dalam sejarah yaitu 17 centimeter, sedangkan Kagoshima menghadapi salju setebal 11 centimeter dan Prefektur Saga tujuh centimeter.

Temperatur di Ibu Kota Prefektur Okinawa, Naha, turun di bawah sembilan derajat Celsius dibandingkan dengan temperatur rata-rata Januari, 16 derajat Celsius. Sementara itu, di Kunigami, yang juga adalah Prefektur paling selatan di Jepang, temperatur di wilayah sub-tropies tersebut merosot sampai 3,9 derajat Celsius, hingga Minggu pukul 20.00, kata Badan Meteorologi Jepang.

Di Prefektur Aomori, seorang wanita meninggal setelah jatuh dari atap rumahnya saat ia berusaha membersihkan salju. Kemudian Prefektur Tochigi, seorang pria tewas dalam kecelakaan lalu-lintas yang berkaitan dengan cuaca buruk. Selain itu di Prefektur Nigata, dua orang meninggal setelah jatuh ke dalam saluran irigasi sesudah kegiatan pembersihan salju dan seorang lelaki ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di bawah timbunan salju.

Loading...

Media dan pemerintah setempat melaporkan kabar buruk di seluruh negeri tersebut, lebih dari 100 orang mengalami luka akibat kondisi cuaca ekstrem, sebagian cedera setelah tabrakan mobil berantai di satu jalan di Prefektur Fukuoka.

Selain itu seperti dilansir brilio.net dari Japan Today, Senin (24/1), enam remaja diselamatkan dari Gunung Kusembu, yang memiliki ketinggian 850 meter dan membentang di Prefektur Fukuoka dan Saga. Mereka terjebak akibat cuaca ekstrem dan harus diselamatkan oleh petugas pemadam dari dekat puncak gunung itu.

JMA menyatakan cuaca sangat dingin diperkirakan berlanjut di bagian tengah dan barat Jepang sampai Senin, dan salju setebal 70 centimeter diperkirakan turun di Hokuriku, bagian barat-laut Honshu, serta 60 centimeter di Tohoku, dan 50 centimeter di Kanto-Koshin, termasuk Prefektur Tokyo, Yamanashi serta Nagano.