Brilio.net - Pengetahuan tentang cara merawat pakaian seringkali masih dianggap remeh. Padahal sayang banget kalau pakaian kesayanganmu cepat rusak, mulai dari luntur, mulur, mengkerut, atau pudar warnanya. Nah, biar pakaian tetap awet dan selalu percaya diri saat mengenakannya, kamu wajib memperlakukan dan merawat pakaian tersebut dengan benar.

Salah satu kunci sederhana namun penting dalam merawat pakaian adalah mengenali arti simbol perawatan yang terdapat pada labelnya. Dengan begitu perlakuanmu terhadap pakaian nggak akan salah.

Berikut ini 5 simbol dasar dalam merawat pakaian yang perlu kamu pahami, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber. Simak yuk, guys!

1. Simbol pencucian

Arti-arti simbol perawatan pakaian ini perlu kamu tahu, penting lho!

Loading...

Proses mencuci bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang bisa dilakukan dengan tangan atau mesin cuci. Kesalahan dalam proses ini bisa mengakibatkan pakaian menyusut, warnanya pudar atau pakaian menjadi terkoyak.

Ada jenis kain yang nggak perlu dicuci apabila terdapat simbol mencuci disilang. Simbol pencucian dengan gambar tangan berarti pakaian disarankan dicuci secara manual. Suhu air pada saat mencuci juga disesuaikan dengan jenis kainnya.

2. Simbol pemakaian pemutih

Arti-arti simbol perawatan pakaian ini perlu kamu tahu, penting lho!

Untuk menghilangkan noda yang membandel seringkali kamu menggunakan pemutih pakaian. Padahal baju-baju berwarna seharusnya nggak dianjurkan untuk menggunakan pemutih. Memutihkan pakaian atau biasa disebut bleaching disimbolkan dengan lambang segitiga.

Jika label pakaian terdapat simbol segitiga, artinya pakaian tersebut dapat dicuci dengan menggunakan pemutih pakaian hanya dalam keadaan yang dibutuhkan. Sedangkan kebalikannya, bila logo segitiga dengan tanda silang artinya pakaian nggak boleh dicuci dengan pemutih.

3. Simbol pengeringan

Arti-arti simbol perawatan pakaian ini perlu kamu tahu, penting lho!

Simbol cara mengeringkan pakaian dilambangkan dengan gambar lingkaran dalam sebuah kotak. Simbol ini mengingatkan untuk mengeringkan pakaian sesuai petunjuk labelnya, bila ada tanda silang pada logo, artinya pakaian nggak boleh dikeringkan dengan mesin.

Ada (beberapa) titik di dalam lingkaran sebagai indikasi suhu. Titik satu berarti suhu rendah, sedangkan suhu tinggi dilambangkan dengan dua titik. Selain itu ada 3 garis vertikal di dalam sebuah kotak berarti mengeringkan dengan cara digantung pada tali jemuran. Sedangakan bila ada 1 garis horizontal artinya pakaian harus dikeringkan dengan cara dibentangkan. Ada juga jenis kain yang nggak dianjurkan untuk diperas.

4. Simbol menyetrika

Arti-arti simbol perawatan pakaian ini perlu kamu tahu, penting lho!

Menyeterika dengan benar akan menghindarkan pakaian dari memudarnya warna bahan. Cara menyetrika pakaian disimbolkan dengan gambar setrika. Tanda titik pada logo seterika menentukan suhu yang diperlukan. Satu titik untuk suhu rendah, dua titik untuk suhu sedang dan tiga titik untuk suhu tinggi. Sisanya dengan suhu normal atau malah nggak boleh disetrika.

5. Simbol dry cleaning

Arti-arti simbol perawatan pakaian ini perlu kamu tahu, penting lho!

Dry cleaning adalah proses pencucian tanpa air. Gunanya untuk menghilangkan noda membandel seperti tanah liat, cat atau bahan kimia yang tumpah dan menempel pada bahan pakaian. Tapi kamu perlu hati-hati karena dry cleaning bisa membuat pakaian jadi mengkerut atau malah pudar. Karena itulah biasanya dry cleaning dilakukan di laundry atau orang professional.

Pakaian yang dapat dicuci dengan metode dry cleaning tanpa membuatnya mengkerut atau pudar warnanya adalah pakaian dengan simbol gambar lingkaran. Sedangkan yang tak bisa di dry clean adalah pakaian dengan simbol lingkaran yang dicoret dengan tanda silang. Pakaian dengan simbol P/F di dalam lingkaran artinya pakaian boleh di-dry clean namun harus dilakukan oleh professional dengan bahan kimia tertentu.