Brilio.net - Sepak bola, olahraga satu ini merupakan olahraga yang paling digemari di seluruh dunia. Sepak bola menjadi satu-satunya olahraga yang dapat disukai oleh semua usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Menariknya, jika seseorang memiliki idola pemain sepak bola, yang tidak pernah lepas dari sang idola adalah perihal nomor punggungnya. Seperti halnya sebutan CR7 yang berasal dari singkatan nama Cristiano Ronaldo dan angka 7 yang merupakan nomor punggung sang bintang real madrid tersebut.

Membahas perihal nomor punggung, tahukah kamu bagaimana awal mula penggunaan nomor punggung di permainan sepak bola? Lalu siapa klub pertama yang menggunakan nomor punggung?

Nomor punggung pemain sepak bola pertama kali digunakan pada tanggal 25 Agustus 1928. Penggunaan nomor punggung diawali dua klub Inggris: Aresenal dan Chelsea.

Masyarakat Inggris saat itu bahkan sempat menolak keberadaan nomor punggung sebab dianggap dapat merusak warna kostum. Namun, secara perlahan untuk mengenali pemain mereka sepakat untuk menggunakan nomor punggung sementara yang ditempelkan dibaju dan kemudian dicetak dibaju.

Loading...

Awalnya nomor punggung di susun urut, pemain inti akan menggunakan angka 1 hingga 11, bahkan di setiap pertandingan, pemain bisa berganti nomor punggung, sebab belum ada aturan resmi dalam penggunaan nomor punggung.

Pada tahun 1965, para pemain cadangan pun diberikan nomor punggung 12 dan kemudian nomor 14. Bahkan di Argentina, pemberian nomor punggung sempat dilakukan dengan strategi susunan alfabet.