Brilio.net - Kehilangan barang mungkin menjadi hal yang paling tidak disukai oleh semua orang, apalagi itu barang kesayangan yang sudah disimpan sejak lama.

Yang makin membuat jengkel tentu bagaimana cara untuk menemukannya lagi. Kalau sekadar lupa meletakkan ponsel kita bisa dengan mudah menghubungi nomor ponsel tersebut, nah kalau yang hilang adalah kunci rumah atau benda berharga lain gimana dong?

Nah tampaknya saat ini kita tidak usah khawatir lagi karena sudah ada media sosial baru karya mahasiswa Universitas Negeri Malang yang dapat membantu mencari barang kita yang hilang.

Akhsin Nurlayli, Eka Nur Ahmad, Maghfiroh Binti, Hanif Ramadhani, dan Sayyidul Kahfi merupakan lima mahasiswa penggagas salah satu produk Program Kreativitas Mahasiswa bernama EasyFinding yang merupakan bentuk pemanfaatan konsep user-generated content sebagai alternatif solusi pencarian barang hilang.

“Sistem ini menggunakan konsep user-generated content yang merupakan konten yang dihasilkan oleh pengguna seperti pada media sosial (update status). Update status dalam easyfinding.id ini nantinya berupa info khusus penemuan pencarian barang hilang,” ucap Maghfir kepada brilio.net Selasa (9/6).

Loading...

Mahasiswi jurusan Teknik Elektro ini juga menambahkan bahwa EasyFinding ini menerapkan kaidah algoritma dalam artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang bernama Boyer Moore, yang merupakan algoritma yang biasa digunakan dalam game string-matching.

Sementara untuk verifikasi dalam EasyFinding ini sudah diatur sedemikian rupa sehingga dapat menjamin tingkat keamanan dan kepercayaan masing-masing pengguna.

Easifinding.id ini juga dilengkapi beberapa fitur seperti upload dan update info kehilangan, info penemuan barang, interaksi personal antar pengguna dengan kontak dan media sosial umum, serta verifikasi kepercayaan dan keamanan kepemilikan barang.

Produk ini pun sudah dicobakan ke beberapa kalangan dan saat ini masih terus dilakukan penyempurnaan agar nantinya dapat dikembangkan lebih lanjut secara premium.

Wah kita tunggu saja ya easyfinding.id ini sampai nantinya final, agar kita tidak kerepotan lagi mencari barang kita yang hilang.