Brilio.net - Warga Dusun Bragasan, Trihanggo, Sleman, Yogyakarta, dihebohkan kabar lahirnya sapi dengan dua kaki. Yah,sapi yang baru saja lahir pada 5 September lalu ini adalah milik Sutrisno.

Menurut Sutrisno, sapi miliknya itu lahir pada Sabtu (5/9),puku 05.00 WIB. "Saya sebenarnya juga tidak tahu, kalau mau lahir hari itu. Tiba-tiba saya tahu pedetnya (anak sapi) sudah lahir. Dan yang lebih kaget lagi ternyata kok kakinya cuma ada dua," terang Sutrisno kepada brilio.net, Senin (7/9).

Sutrisno, yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan ini, sama sekali tidak menyangka bahwa sapi miliknya akan melahirkan anak yang tidak normal.

Anak sapi berkaki dua hebohkan warga, dokter sebut kejadian lumrah

Meski tak normal, anak sapi tersebut terlihat sehat dan gemuk. Menurut Sutrisno, sudah ada dokter hewan yang datang melihat anak sapi miliknya itu. Dan menyatakan bahwa sapinya, baik anak maupun induknya itu sehat.

Loading...

Tiga hari sejak kelahiran, anak sapi tersebut, Sutrisno rutin membantu anak sapinya menyusu. "Karena kasihan tidak bisa menyusu sendiri, jadi harus saya bopong untuk menyusu pada induknya," terangnya.

Sutrisno dengan telaten membantu anak sapinya itu menyusu 3-4 kali sehari (pagi,siang,sore/malam) dan setiap menyusu membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Sutrisno mengatakan jika ada pedagang yang mau membeli sapinya tersebut dia memilih menjualnya beserta induknya karena merasa repot harus mengurusnya.

Anak sapi berkaki dua hebohkan warga, dokter sebut kejadian lumrah

Sementara itu, ditemui di tempat berbeda, drh Aniq Setyabudi, menyatakan bahwa fenomena seperti itu lumrah terjadi. "Dalam ilmu kedokteran ada istilah ilmiahnya yaitu inbriding atau kelainan genetik, yaitu kondisi di mana bayi hewan yang lahir dengan anggota tubuh yang kurang sempurna/tidak lengkap," terang Dokter Aniq.