Brilio.net - Sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat muslim Indonesia melakukan mudik menjelang hari raya Idul Fitri. Jalan raya penghubung antar kota dan provinsi pun ramai dipadati para pemudik. Wajar jika setiap arus mudik tiba, semua jalur besar membutuhkan pengamanan ekstra, baik dari petugas dinas, polisi hingga relawan dari kalangan masyarakat.

Tapi siapa sangka seorang tokoh religius tersohor di negeri ini, Habib Luthfi Bin Yahya, juga ikut turn tangan mengamankan pemudik jalur pantura.

Ketua MUI Jawa Tengah ini turun langsung mengamankan kelancaran jalur pemudik dengan mengenakan lampu lalin dan topi hitam pada Rabu malam (15/7). Dengan mengenakan pakaian sangat sederhana, banyak orang tak sadar bahwa pria berkaos putih itu adalah seorang Habib Luthfi bin Yahya.

Bagi Habib Luthfi, para pemudik ini merupakan para pahlawan keluarga yang sangat berjasa karena telah bertaruh nyawa dan harta benda demi "birrul walidain" berbuat baik kepada kedua orang tua.

"Habib Luthfi mengamankan jalur pemudik di depan Masji Syuhada, dekat Monumen Pekalongan," ujar Zami Ulil Albab, yang mendampingi kegiatan pengamanan jalur pemudik tersebut kepada brilio.net, Rabu (15/7).

Loading...

Salut, tindakan sederhana sang Habib ini pun bisa jadi tauladan banyak kalangan. Dengan wibawa dan kharismanya yang sudah moncer di kalangan muslim, Habib Luthfi tidak risi membantu kelancaran jalur pemudik yang lewat di kota tempat tinggalnya, Pekalongan.