Brilio.net - Mendengarkan musik dan lagu kini menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang dengan menggunakan smartphone. Hanya saja, volume suara yang ditimbulkan telepon cerdas itu seringkali terbatas.

Kalau sudah begitu, orang biasanya menghubungkan telepon cerdas tersebut dengan perangkat pengeras suara yang berisi rangkaian elektronika. Bisa menggunakan speaker aktif khusus untuk seluler maupun untuk komputer yang berdaya lebih besar.


Tapi kini ada cara lain yang nggak perlu repot menggunakan daya listrik. Cukup dengan keramik yang didesain khusus maka bisa memperbesar volume suara telepon seluler.

Karya unik ini ciptaan Ricko Gabriel (27), alumnus jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Banding (ITB). Lewat karyanya ini, suara yang dikeluarkan telepon seluler bisa lebih enak didengar.

Bentuknya pun sederhana dan tidak memakan tempat. Tentu saja tidak membutuhkan daya listrik, karena ini hanya sebuah keramik yang dirancang sedemikian rupa.

pengeras suara © 2016 brilio.net

Ricko Gabriel, pemilik Dwel Pottery Ceramic Studio.
© 2016 brilio.net/Islahuddin

“Saat kuliah saya memang menekuni dunia keramik. Saat ini saya sudah membuat beberapa model keramik yang bisa digunakan untuk membuat lagu dari telepon lebih enak di dengar,” kata pemilik Dwel Pottery Ceramic Studio tersebut.

Untuk memastikan kualitas suara yang dihasilkan, Ricko bekerja sama dengan audio engineer. Di bagian tengah keramik juga disediakan tempat menaruh telepon seluler sesuai dengan ukurannya. Karya Ricko ini bisa membuat suara musik dari telepon seluler lebih ngebas. Nggak cuma itu, musik dari telepon seluler juga bisa dibuat seperti dalam ruangan. Ide yang cemerlang.