Brilio.net - Kamu pasti sering mendengar kalimat kalau Indonesia adalah negeri yang sangat indah. Ada gunung, pantai, danau, air terjun, hutan, dan banyak sekali tempat liburan yang lain. Tapi, kenapa sih banyak traveler yang memilih liburan ke luar negeri daripada keliling dalam negeri?

Alasannya pasti banyak. Berikut ini alasan-alasan travelers yang dikumpulkan brilio.net, Kamis (5/11).

1. Destinasinya cuma ada di luar negeri

foto: www.hotelparislouvreopera.com

Misalnya saja kita mau mengunjungi klub bola kesayangan kita yang adanya di Inggris, Italia, atau Spanyol, tentu kita harus datang ke sana. Atau misalnya saja kita ingin melihat karya-karya Da Vinci secara langsung, tentu kita harus ke Paris karena di Indonesia memang nggak ada.

2. Jauh lebih murah

foto: www.americandiscountcruises.com

Pasti banyak yang bertanya, kok bisa? Tapi memang benar, jalan-jalan ke luar negeri jauh lebih murah daripada ke beberapa tempat di Indonesia. Misalnya saja liburan ke Bangkok, Thailand. Berangkat dari Jakarta kamu cuma butuh dana sekitar Rp 3.700.000 untuk liburan selama empat hari sekaligus tiket pesawat pulang pergi.

Biaya liburan ke Bangkok tersebut jauh lebih murah dibandingkan misalnya liburan ke Papua. Tiketnya saja untuk ke Jayapura dari Jakarta sekitar Rp 2.000.000, padahal itu harga tiket promo. Belum lagi ditambah biaya hidup di sana.

3. Demi prestise

foto: www.mysyahrini.com

Beberapa orang akan sangat peduli dengan prestise mereka di depan orang banyak. Jaga gengsi, istilahnya. Misalnya saja temenmu udah pernah ke Eropa, ya masak kita belum. Liburan ke luar negeri memang selalu identik dengan mewah. Ini salah satunya karena banyak negara sangat pandai menjaga image tempat wisata mereka.

4. Belajar budaya asing

foto: www.facebook.com/gufronsalim

Ini nih yang dirasain Gufron, salah satu traveler yang baru saja ke Singapura dan Malaysia pekan lalu. "Aku sih liburan ke luar negeri karena pengen tahu gimana kebiasaan-kebiasaan di sana, belajar juga perbedaan budaya di Malaysia sama Singapura dibandingkan dengan di Indonesia," ungkap Gufron, Kamis (5/11).

5. Akses dan fasilitas lebih mumpuni

foto: backpackology.me

Fasilitas di luar negeri memang banyak yang lebih memadai ketimbang di sini. Misalnya saja di Jepang, kita bisa menemukan banyak transportasi aman sepanjang waktu di sana. Di Jepang juga jauh lebih rapi dan banyak disediakan tempat-tempat khusus untuk merokok. Warganya tertib, turis jadi ikutan tertib di sana.

6. Biar dibilang gaul dan keren

foto: www.kapanlagi.com

Pasti ada deh perasaan seneng kalau pas dibilang keren ketika kamu habis liburan ke luar negeri. Hal ini juga jadi alasan beberapa traveler liburan ke luar negeri, biar kelihatan keren dan gauh.

(brl/pep)

(brl/pep)