Brilio.net - Pohon biasanya akan memiliki batang berwarna cokelat. Tapi ada pohon di salah satu wilayah Indonesia memiliki batang berwarna pelangi.

Sekilas melihatnya memang seperti rekaan dengan editing Photoshop. Atau mungkin kamu pikir pohon itu lagi jadi pendikung artistik sehingga dicat ya. Tapi sebenarnya itu bukaan foto hasil edit lho.

Ternyata benar-benar ada pohon yang batangnya berwarna-warni layaknya pelangi. Pohon itu bernama Rainbow eucalyptus atau Eucalyptus deglupta.

Pohon ini merupakan salah satu jenis pohon kayu putih (Eucalyptus). Tapi Rainbow eucalyptus tidak menghasilkan minyak kayu putih seperti pohon sejenis lainnya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ajaib, pohon berbatang pelangi ini ada di Indonesia

Rainbow eucalyptus ini berasal dari hutan hujan Mindanao, yang merupakan pulau paling selatan dan timur di kelompok pulau Filipina. Pohon ini kemudian menyebar ke wilayah Papua Nugini serta Sulawesi dan Seram di Indonesia.

Kenapa batangnya bisa warna-warni seperti itu? Warna-warni bak pelangi di batang pohon ini berasal dari kulit pohon yang sering terkelupas dari bulan ke bulan. Tapi lapisan-lapisan kulit pohon ini tak mengelupas pada saat yang bersamaan.

Begitu lapisan kulit terluatnya hilang, lapisan yang berwarna hijau yang tertutupi akan nampak. Lalu kulit baru pun tumbuh. Kulit baru itu lalu berubah warna menjadi biru, oranye, merah, dan lain sebagainya.

Tiap pergantian lapisan selalu memunculkan warna yang berbeda dari sebelumnya. Ini membuat batang Rainbow eucalyptus berwarna-warni seperti pelangi.

Wah...kayaknya menyenangkan ya jika ada di hutan yang dikelilingi pohon seperti itu.

(brl/swh)