Brilio.net - Berdandan atau menggunakan kosemtik atau makeup sering digunakan untuk mempercantik penampilan. Namun, ini akan salah jika penggunaannya dan perawatannya tidak benar. Ada kondisi dimana makeup tidak lagi membuatmu cantik, tetapi malah akan merusak wajah bahkan membuatmu sakit.

Kosmetik dan alat makeup ternyata juga bisa menjadi sarang bakteri dan kuman berbahaya lho ladies. Berikut ini 9 kondisi yang bisa membuat kosmetikmu malah menjadi sarang bakteri, seperti yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (28/1):

1. Bergantian alat makeup dengan orang lain

9 Kondisi yang membuat kosmetik bisa jadi sarang bakteri, hati-hati!foto:beautylish.com/

Dr Whitney Bowe, seorang dermatologis di New York menyarankan agar kita tidak saling meminjamkan alat makeup dengan orang lain. Hal ini untuk mengantisipasi agar kita tidak saling bertukar kuman dengan orang lain.

Loading...

2. Bersin saat berias

9 Kondisi yang membuat kosmetik bisa jadi sarang bakteri, hati-hati!

foto: collegecandy.files.wordpress.com

Akan berbahaya jika kita bersin saat sedang mengaplikasikan makeup. Apalagi jika beberapa produk tersebut sedang dalam keadaan terbuka.

3. Menggunakan kosmetik yang bukan tabung

9 Kondisi yang membuat kosmetik bisa jadi sarang bakteri, hati-hati!foto: buzzfeed.com

Wadah dan bentuk kosmetik ternyata juga bisa berpengaruh dalam transfer kuman atau bakteri. Bentuk kosmetik ada dua, mangkuk dan tabung. Untuk mengaplikasikan kosmetik berbentuk mangkuk ini, kita sering kali menggunakan langsung dengan tangan kita. Nah, pada saat itulah bisa terjadi pertukaran kuman dan bakteri dari tangan kita pada kosemetik yang telah kita sentuh.

4. Membiarkan makeup dalam keadaan tidak tertutup kembali

9 Kondisi yang membuat kosmetik bisa jadi sarang bakteri, hati-hati!

foto: styleswatchco.files.wordpress.com

Bahkan saat tidak digunakan, sebaiknya kamu simpan makeup-mu dalam kondisi kemasan tertutup. Karena jamur dan bakteri beterbangan di mana-mana. Terbawa udara dan angin yang bisa dengan mudah menempel pada makeupmu sehari-hari. duhh

5. Tidak membersihkan kuas dan wadah kosmetik dengan benar

9 Kondisi yang membuat kosmetik bisa jadi sarang bakteri, hati-hati!foto: sheknows.com

Sebaiknya lap kuas kosmetik setiap kali selesai dipakai, kemudian baru simpan kembali dalam wadah setelah kering. Eitss, tapi jangan lupa hanya membersihkan kuas atau sponsnya saja, namun kotak kosmetik juga jangan sampai terlewatkan. minimal sebulan sekali, ambil semua alat-alat makeup yang tersimpan dalam kotak kosmetik. Kemudian bersihkan dengan cara menyikatkan atau mencucinya sampai bersih.

6. Memompa Maskara

9 Kondisi yang membuat kosmetik bisa jadi sarang bakteri, hati-hati!foto: goodhousekeeping.com

Setiap kali kamu memompa maskara untuk mendapatkan isinya yang mulai kering itu sama dengan kamu memasukkan angin kedalam wadah maskara bukan? Padahal angin dari luar banyak terkontaminasi dengan kuman dan bakteri berbahaya. Dan akan berbahaya jika kemudian kamu aplikasikan di matamu.

7. Mengoleskan lipstik setelah makan

9 Kondisi yang membuat kosmetik bisa jadi sarang bakteri, hati-hati!foto: fashezine.com

Bukan hanya lipstik aja sih, tapi aneka produk bibir lainnya seperti lipbalm, lipgloss maupun lip liner. Mengoleskan lipstik setelah makan sama halnya dengan mengunci bakteri dalam permukaan bibir kita. Jika kamu ingin menggunakan lipstik kembali setelah makan, baiknya bersihkan dulu bibir dari sisa-sisa makanan dan minyak sampai benar-benar kering, jika perlu sikat gigi juga terlebih dahulu sbelum menggunakan lipstik kembali.

8. Mencoba tester makeup

9 Kondisi yang membuat kosmetik bisa jadi sarang bakteri, hati-hati!foto: http://makeup.lovetoknow.com/

Nah, ladies bagi kamu yang hobi belanja makeup atau kosmetik di mall sebaiknya berhati-hati saat mencoba tester makeup. Kamu nggak pernah tahu siapa saja yang pernah mencoba makeup yang akan kamu coba itu, ada baiknya jika kamu tidak langsung mengaplikasikan ke wajahmu. Jika ingin memastikan warnanya saja bisa kamu aplikasikan ke punggung tangan agar aman.

9. Memakai kosmetik kedaluwarsa

9 Kondisi yang membuat kosmetik bisa jadi sarang bakteri, hati-hati!foto: buzzfeed.com

banyak orang yang beranggapan bahwa makeup tidak memiliki masa kedaluwarsa. Anggapan tersebut ternyata salah besar lho ladies. Perlu kamu tahu, makeup pun memiliki batas aman masa penggunaan. Makeup yang sudah terlalu lama juga nggak baik bagi wajahmu.

Nah ladies, mulai sekarang berhati-hatilah dalam merawat kosmetik ya. Jangan sampai kosmetik kesayanganmu malah menyebabkan penyakit karena menjadi sarang kuman. hiiii..