Brilio.net - Mengemudi adalah kegiatan yang memerlukan kemampuan khusus dan tentunya konsentrasi. Nah, kamu yang selama ini sering mengemudi sambil teleponan atau melakukan hal lain sepertinya harus mencoba mengemudi di berbagai jalan-jalan antimainstream di dunia. Akan sangat berbahaya mengemudi di sana jika kamu kehilangan konsentrasi.

Simak yuk 9 jalan unik ini yang bakal bikin kamu tetap terjaga fokus mengemudi sebagaimana yang dilansir brilio.net dari Listverse, Minggu (3/4).

BACA JUGA: 10 Anime ini punya episode terpanjang, ada yang tayang sejak 1968 lho

1. Highway Songs.

 jalan unik © 2016 brilio.net

Loading...

foto: aplus.com

Salah satu trik yang kreatif untuk mencegah orang berkendara dengan kecepatan tinggi baru saja diterapkan oleh New Mexico Departmen (NMDOT) dengan membuat jalan raya yang dilengkapi dengan teknologi instrumen musik. Jika pengemudi mengemudi sesuai aturan yaitu 72 kilometer per jam.

2. Avenue Highway

 jalan unik © 2016 brilio.net

foto: www.amusingplanet.com

Avenue Highway salah satu jalan tersibuk di Semenanjung yang menghubungkan antara Inggris dan Spanyol. Namun uniknya, Avenue Highway juga dilalui oleh landasan pacu Bandara Gibraltar, sehingga untuk melewati jalan ini jangan sampai kesambar pesawat.

3. Holloman Air Force Base

 jalan unik © 2016 brilio.net

foto: www.chron.com

Bagi kamu penggila kendaraan dengan kecepatan tinggi maka berkendara di Holloman Air Force Base adalah pilihan yang tepat. Di jalan ini kamu justru di larang mengemudi secara lambat melainkan dengan kecepatan tinggi yang bisa mencapati 1.017 kilometer per jam. Biasanya jalan ini digunakan untuk tes berkendara cepat.

4. Atlanterhavsveien

 jalan unik © 2016 brilio.net

foto: dailyawesomeness.com

Jalan yang berada di bagian barat pantai Norwegia ini membelah Laut Atlantik sejauh 8,3 kilometer. Bahkan jalan in justru menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat digemari di Norwegia untuk menikmati keindahan Atlantik.

5. The Millau Viaduct

 jalan unik © 2016 brilio.net

foto: www.heavyliftnews.com

Jembatan yang dibangun pada tahun 2004 ini menjadi jembatan tertinggi di dunia. Karya Lord Norman ini dibangun untuk memudahkan arus lalu lintas dari Prancis menuju Barcelona. Kalau cuaca cerah, jembatan ini seakan melayang di udara.

6. Extraterrestrial Highway

 jalan unik © 2016 brilio.net

foto: www.huffingtonpost.com

Extraterrestrial Highway atau Nevada State Highway 375 adalah jalan yang berada di Amerika Serikat ini memiliki keunikan dikarenakan orang yang melintas di jalan ini akan disuguhkan penampakan pesawat UFO.

7. M-185 Michigan Highway

 jalan unik © 2016 brilio.net

foto: rgscomputing.com

Jika jalan selalu ramai dengan kendaraan, maka M-185 Michigan Highway adalah pengecualian. Jalan sepanjang 13,4 kilometer ini hanya mengizinkan pejalan kaki, kuda, kereta dan sepeda. Sedangkan kendaraan bermotor dilarang melintas. Aturan melarang kendaraan bermotor melintas ini karena permintaan masyarakat yang merasa terganggu dengan suara kendaraan bermotor yang membuat aturan ini resmi diterapkan pada tahun 1890.

8. Chesapeake Bay Bridge-Tunnel

 jalan unik © 2016 brilio.net

foto: www.pinterest.com

Memiliki panjang 37 kilometer jalan ini menghubungkan 4 pulau buatan di Amerika Serikat. Selain itu jalan ini memiliki akses di laut. Akses bawah laut di jalan ini membuat Chesapeake menjadi jalan paling berbahaya di dunia sebab sewaktu-waktu bisa terjadi badai.

9. Karakoram Highway

 jalan unik © 2016 brilio.net

foto: www.reddit.com

Karakoram adalah jalan yang membelah gunung Karakoram menghubungkan antara China dan Pakistan. Dengan panjang 1.300 kilometer atau 800 mil, Karakoram menjadi jalan yang menghubungkan dua negara paling panjang di dunia. Keberadaan jalan ini sangat membantu hubungan kerja sama ekonomi China dan Pakistan. Mengemudi melalui jalan ini harus berhati-hati sebab rentan longsor dan pembajakan.