Brilio.net - Dunia baru-baru ini dihebohkan dengan foto sesosok balita bernama Aylan Kurdi yang terdampar di pantai Turki. Tubuhnya yang mungil harus menjadi korban dari kebrutalan dan ketidakperhatian penduduk dunia terhadap masalah perang yang menimpa negaranya.

Hanya karena ingin hidup nyaman dan terjauh dari perang, Aylan dan ribuan orang lainnya harus mengarungi lautan dan menjadi santapan bahayanya ombak laut Mediterania. Tak sampai di situ saja, keberadaan mereka di Eropa juga mendapat penolakan dari berbagai pimpinan negara Eropa.

Potret memilukan Aylan bukan satu-satunya yang menunjukkan kebrutalan penduduk dunia. Sebelumnya ada berbagai foto-foto yang menunjukkan bahwa dunia kita sudah begitu menakutkan.

Berikut 8 fotonya seperti yang dilansir dari dailymail, Senin (7/9):

1. Dust Lady

Potret seorang wanita bernama Marcy Borders sempat membuat geger dunia. Pasalnya Marcy merupakan salah satu korban selamat dari tragedi 9/11. Salah seorang fotografer berhasil mengabadikan momen di mana dia keluar dari gedung dengan tubuh dipenuhi debu dari ujung kepala hingga kaki.

Oleh karenanya dia disebut sebagai Dust Lady. Sayang tragedi itu membawa trauma besar bagi dirinya. Setelah kejadian Marcy menjadi depresi dan kecanduan alkohol dan obat-obatan. Marcy meninggal beberapa waktu lalu di usia 42 tahun setelah berjuang melawan kanker selama satu tahun.

2. Eksekusi mati di tengah jalan

Kepala polisi Vietnam selatan bernama Nguyen Ngoc Loan begitu tega melakukan eksekusi mati di tengah jalan. Dalam potret yang diabadikan oleh Eddie Adams terlihat Nguyen menyorongkan pistolnya kepada salah satu pekerja bernama Viet Cong pada tahun 1968 saat perang Vietnam.

3. Kematian tak terduga John F Kennedy

Kematian Presiden John F Kennedy pada 22 November 1963 tentunya menjadi salah satu tragedi paling menggemparkan di dunia. Dalam foto di atas terlihat bagaimana kejadian penembakan terjadi begitu cepat.

4. Bom atom Hiroshima dan Nagasaki

Bom atom yang dijatuhkan tentara sekutu di Hiroshima dan Nagasaki menjadi tragedi bom yang susah dilupakan. Bom pertama yang dijatuhkan di Hiroshima menewaskan setidaknya 140.000 orang. Tiga hari kemudian bom susulan kembali menimpa Nagasaki dan menewaskan 70.000 orang.

2 dari 2 halaman


5. Kelaparan yang melanda Afrika

Foto di atas tentu saja akan membuat hati siapapun pilu. Dalam potret di atas terlihat seorang anak yang kurus kering karena kelaparan sedang menunggu ajalnya. Dan tak jauh di sana seekor burung sedang mengintai tubuhnya untuk disantap.

Sang fotografer Kevin Carter yang mengabadikan momen tersebut mendapat kecaman luar biasa dari masyarakat sekitar karena tidak membantu menyelamatkan anak itu. Tragisnya, 3 bulan setelah foto itu diliris, Kevin Carter ditemukan bunuh diri.

6. Tumpukan tulang manusia

Perang yang terjadi di Kamboja pada tahun 1975 menimbulkan keprihatinan yang mendalam. Salah satu kelompok Khmer Merah disebut-sebut sebagai dalang dari kematian 2 juta penduduk Kamboja. Mereka disiksa, diperkosa dan dibunuh. Jasadnya ditumpuk begitu saja hingga menjadi tulang belulang.

7. Gadis kecil menangis ketakutan saat diburu tentara Vietnam

Perang Vietnam yang terjadi tahun 1973 menyisakan duka mendalam tak hanya bagi penduduk Vietnam namun juga dunia. Seorang fotografer berhasil mengabadikan momen di mana sekelompok anak kecil menangis ketakutan sambil berlari di mana ada di belakangnya ada tentara yang mengacungkan senapannya.

8. Potret pelecehan tahanan oleh Tentara Amerika Serikat

Potret ini akan membuat siapapun bergidik ngeri dan merasa ketakutan dengan kehidupan di penjara. Salah seorang tentara Angkatan Darat Amerika Serikat terpotret sedang melakukan penyiksaan kepada salah satu tahanan penjara Abu Ghraib di Irak. Terlihat sang tahanan diikat layaknya anjing oleh tentara AS.