Brilio.net - Kamu bertanya-tanya mengapa harus mengunjungi negara-negara terkecil di dunia? Nyatanya ada sejuta alasan kenapa sekali seumur hidup perlu memasukkan negara-negara terkecil ke dalam daftar traveling kamu. Hanya di sini kamu bisa melihat sistem pemerintahan yang masih kuno dipimpin oleh ahli waris dari raja terdahulu.

Istimewanya, semua destinasi wisata di negara tersebut bisa kamu kunjungi dalam satu hari saja. Di mana lagi kamu bisa menjelajahi satu negara hanya dalam sehari jika tidak di negara-negara terkecil di dunia? Berikut delapan negara terkecil di dunia yang layak untuk di kunjungi, Sabtu (30/1).

1. Vatikan

8 Negara terkecil di dunia yang bisa kamu jelajahi dalam sehari saja!
foto: wikipedia.org

Kota Vatikan memiliki nama resmi sebagai Negara Kota Vatikan. Ini merupakan negara merdeka terkecil di dunia ditinjau dari luas wilayah serta jumlah penduduknya. Negara ini sangat unik karena berada di dalam wilayah Kota Roma Italia, sehingga sering di sebut sebagai negara di dalam kota. Luas wilayahnya tidak sampai satu kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 826 jiwa.

Walau begitu, setiap tahun Vatikan selalu ramai oleh wisatawan khususnya mereka yang ingin melakukan wisata religi karena di tempat ini merupakan tempat tinggal Paus, pemimpin tertinggi umat Katolik. Saking kecilnya wilayah ini, kamu bisa mengelilinginya dalam satu hari saja.

2. Monako

8 Negara terkecil di dunia yang bisa kamu jelajahi dalam sehari saja!
foto: bernard-gallay.com

Monako menjadi negara terkecil kedua di dunia. Negara yang memiliki bendera sama dengan Indonesia ini berbatasan dengan Prancis dan Laut Tengah. Walaupun kecil, Monako sangat terkenal dengan wisatanya, khususnya wisata berkelas alias mewah. Kamu yang ingin menikmati Monako, cobalah menggunakan kapal pesiar yang bertebaran di sana.

3. Lichtenstein

8 Negara terkecil di dunia yang bisa kamu jelajahi dalam sehari saja!
foto: wikimapia.org

Lichtenstein adalah sebuah negara kecil yang berada di antara Austria dan Swiss. Negara ini sangat terkenal dengan keindahan alam yang memukau dan gunung-gunung cantik yang mengelilinginya. Lichtenstein juga merupakan sisa-sisa dari kekaisaran Romawi sehingga banyak kastil indah yang jadi peninggalannya.

4. St Kitts and Nevis

8 Negara terkecil di dunia yang bisa kamu jelajahi dalam sehari saja!
foto: aspiringwriter.ca

Negara berikutnya adalah negara federasi yang bernama St Kitts and Nevis. Berada di Kepulauan Leeward, Karibia praktis membuat negara ini hanya memiliki luas wilayah 261 kilometer persegi dan menempatkannya sebagai negara terkecil di Amerika dan salah satu yang terkecil di dunia. Pilihan wisata di sana pun beragam, mulai wisata sejarah dan juga kegiatan outdoor seperti pantai. Di sana juga terdapat Taman Nasional Benteng Brimstone Hill yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO dengan pemandangan menakjubkan dari puncak gunung berapi.

5. Maladewa

8 Negara terkecil di dunia yang bisa kamu jelajahi dalam sehari saja!
foto: mymaldives.com

Banyak traveler dunia yang mengatakan bahwa Maladewa adalah tujuan traveling yang harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Negara kepulauan ini terdiri dari ribuan atol atau pulau karang kecil, baik berpenghuni maupun tidak. Bagi kamu pecinta wisata bawah laut dan juga pantai. Maladewa harus jadi list tujuan wisatamu.

6. Palau

8 Negara terkecil di dunia yang bisa kamu jelajahi dalam sehari saja!
foto: mashable.com

Palau merupakan salah satu negara kepulauan yang ada di wilayah Mikronesia, Oseania. Negara kepulauan di Pasifik Selatan ini terdiri dari 250 pulau kecil dan delapan pulau utama yang memiliki total wilayah 459 kilometer persegi. Baik di darat maupun lautnya, negara ini tetap menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Di laut adalah surga scuba diving dengan terumbu karang yang sehat dan berbagai hewan laut beraneka ragam seperti hiu, kerang raksasa dan ikan berwarna-warni lainnya.

7. Grenada

8 Negara terkecil di dunia yang bisa kamu jelajahi dalam sehari saja!
foto: uncommoncaribbean.com  

Grenada merupakan negara terkecil kedua di belahan bumi bagian barat. Wilayahnya berada di bagian paling selatan dari Karibia. Dikenal pula sebagai Spice Island Grenada dan menjadi rumah bagi beragam tanaman eksotis, bunga dan rempah-rempah. Sumber utama dari negara ini adalah pala, cengkeh, jahe, kayu manis, dan cokelat. Cukup dengan satu hari saja, kamu dapat mengunjungi wisata alamnya yang menakjubkan.

8. Malta

8 Negara terkecil di dunia yang bisa kamu jelajahi dalam sehari saja!
foto: dailyurbanista.com

Negara ini sangat kaya akan sejarahnya, belum lagi penduduknya yang ramah dan alamnya yang indah. Malta sering digambarkan sebagai museum terbuka yang dikelilingi benteng peninggalan zaman dahulu. Malta juga tercatat sebagai salah satu negara dengan festival tahunan yang meriah. Pantainya yang indah dan airnya yang jernih akan memberikan ketenangan dan relaksasi bagi banyak pengunjung. Bagi yang mau menyelam adasuguhan bawah laut yang spektakuler dengan terumbu karang sehat serta gua bawah laut yang misterius.