Brilio.net - Pernah nggak sih kamu ngobrolin tentang buang air besar (BAB) di lingkungan pertemananmu? Pasti jarang banget atau nggak pernah deh. Memang buang air besar itu kewajiban namun sering dianggap lalu oleh kebanyakan orang. Meski begitu sebenarnya kamu wajib tahu lho mengenai hal-hal mendasar dari BAB.

Karena selama ini ada banyak sekali mitos yang beredar tentang BAB. Ada yang benar namun tak banyak juga yang salah besar. Nah daripada kamu semakin terjerumus kepada mitos yang salah, lebih baik cek di bawah ini fakta-fakta BAB yang telah brilio.net kumpulkan dari prevention, Kamis (19/11).

1. Mitos: Buang air besar itu yang sehat sehari sekali
Fakta: Menurut Kyle Staller, gastroenterologist dari Rumah Sakit Massachusetts, Amerika Serikat, normalnya orang buang air besar minimal 3 kali dalam seminggu.

2. Mitos: Menahan buang air besar itu tidak baik
Fakta: Memang benar jika menahan BAB bisa menyebabkan sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Mitos: Semakin bau kotoran semakin sehat
Fakta: Normalnya memang kotoran itu berbau menyengat. Namun itu semua tergantung apa yang kamu makan. Dibanding daging-dagingan, makan sayur akan membuat kotoranmu tidak terlalu bau.

4. Mitos: Sangat penting membersihkan usus besar dengan berbagai suplemen
Fakta: Tidak perlu membersihkan usus dengan berbagai obat-obatan dan suplemen. Karena jika terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan malah akan membuat ususmu kram dan perut menjadi kembung dan mual.

5. Mitos: Kotoran yang sehat itu harus mengapung
Fakta: Kotoran tidak harus mengapung. Jika kamu mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung dan lemak memang benar kotoran mengapung. Namun jika kamu mengkonsumsi makanan lainnya, ada kalanya kotoran kamu akan tenggelam bukan mengapung.

6. Mitos: Karbohidrat baik untuk menyembuhkan diare
Fakta: Memang benar makanan berkabohidrat seperti nasi atau roti dapat menyembuhkan diare. Meski begitu ada jenis makanan lain yang juga mampu mengusir diare. Di antaranya adalah pisang, apel dan teh.

7. Mitos: Buang air besar itu membutuhkan waktu yang lama, lebih dari 5 menit
Fakta: Tidak ada aturan berapa lama kamu harus meluangkan waktu untuk BAB. Setiap orang memiliki standar yang berbeda tergantung bagaimana tubuh mereka mencerna makanan.

8. Mitos: Warna kotoran yang sehat itu kuning
Fakta: Menurut para ahli kotoran yang sehat itu berwarna coklat. Jika warnanya merah, ungu atau hitam berarti ada kesalahan pada saluran darahmu. Jika berwarna keputihan berarti saluran empedu tersumbat. Jika perak berarti ada tumor yang bersarang dalam tubuh.