Brilio.net - Ada beragam penyakit yang kita kenal selama ini. Apalagi di Indonesia, ada beragam penyakit dengan nama yang terbilang unik. Disebut unik, karena namanya sangat khas Indonesia, bahkan kadang tidak ada istilah medisnya seperti masuk angin.  

Nah, kalau kamu keluar negeri dan kena penyakit ini bisa-bisa kamu bingung deh gimana cara jelasin ke dokternya! Apa saja sih jenis-jenis penyakitnya? Ini dia seperti yang telah dikumpulkan brilio.net Senin (2/11)

1. Masuk angin

8 Istilah unik penyakit yang cuma ada di Indonesia


Hampir seluruh orang Indonesia bisa dibilang sudah pernah terkena penyakit ini. Entah bagaimana asalnya sehingga disebut masuk angin. Bisa jadi karena ada angin masuk ke perut kali ya? Padahal menurut medis masuk angin adalah gejala penyakit flu. Nah, kalau lagi di luar negeri gimana jelasinnya ya? masa enter wind?

2. Angin duduk

8 Istilah unik penyakit yang cuma ada di Indonesia


Pernah dengar istilah angin duduk kan? Nah kalau orang awam ini terjadi karena masuk angin yang sudah parah banget. "Padahal masuk angin itu berbeda dengan angin duduk, padahal itu bisa jadi salah satu gejala serangan jantung, terjadi karena sumbatan pembuluh darah," ujar dr. Aziz Ramadhan, dokter yang bertugas di salah satu rumah sakit swasta di Jogja.

3. Bintitan

8 Istilah unik penyakit yang cuma ada di Indonesia


Kalau orang bilang, bintitan itu biasanya terjadi sama seseorang akibat ngintipin orang. Itu cuma mitos kok, kalau ngintipin orang kamu nggak sekadar bintitan saja tapi memar digebukin orang. "Bintitan itu terjadi karena infeksi gara-gara bakteri," kata Aziz.

4. Cantengan

8 Istilah unik penyakit yang cuma ada di Indonesia


Istilah medisnya paronychia, merupakan infeksi di kulit sekitar kuku, bisa terjadi di tangan atau kaki. Penyebabnya bisa karena tersandung, pakai sepatu terlalu sempit, tertimpa sesuatu, tumbuh jamur, memotong kuku terlalu pendek, menggigit kuku sehingga terjadi infeksi. Tapi cuma orang Indonesia nih yang nyebutnya cantengan!

5. Gondongan

8 Istilah unik penyakit yang cuma ada di Indonesia


Penyakit ini kerap menyerang anak kecil ini biasanya menyebabkan bengkak di sekitar leher. Secara medis disebut dengan parotitis atau pembengkakan kelenjar. Nggak tahu deh kalau di luar negeri apa namanya.

6. Bengek

8 Istilah unik penyakit yang cuma ada di Indonesia


Sebenarnya penyakit ini biasa dikenal dengan asma. Entah bagaimana asal muasalnya penyakit ini juga disebut dengan bengek. Istilah tersebut memang kedengerannya kasar sih, mungkin karena orang yang menderita sakit ini kan susah bernafas. Jadi saat bernafas suka mengeluarkan suara "ngek, ngek, ngek". Haduh, kasihan ya bagus-bagus dinamain asma malah diganti bengek.

7. Kesemutan

8 Istilah unik penyakit yang cuma ada di Indonesia


Penyakit ini di luar negeri dikenal dengan istilah 'pin and needles' karena rasanya seperti tertusuk jarum. Di Indonesia kita kenal dengan kesemutan karena rasanya seperti dikerubuti semut kali ya? Sedangkan dalam dunia medis, orang mengenalnya dengan sebutan Paresthesia. "Kondisi ini biasanya terjadi karena terjepitnya syaraf  dan pembuluh darah sehingga suplai darah terhambat," lanjut Aziz

8. Salah bantal

8 Istilah unik penyakit yang cuma ada di Indonesia


Ulah orang Indonesia nih, kalau sakit malah nyalahin benda. Kamu pernah bangun tidur mendapati leher dan bahumu sakit? Ya, orang Indonesia menyebutnya salah bantal. Padahal sebenarnya bukan karena memakai bantal yang salah tapi terjadi karena otot leher yang menegang akibat tidur dengan posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama.