Brilio.net - Emansipasi wanita sekarang ini sepertinya sudah mulai diterima oleh masyarakat. Buktinya saja kita dapat melihat banyaknya tokoh wanita yang mengendalikan banyak sektor di masyarakat.

Bukan hanya wanita-wanita dari Eropa atau Amerika saja yang punya peran penting di dunia, banyak wanita Asia juga sudah menunjukkan taring mereka pada dunia yang membuat mereka dikenal dan disegani.

Berikut daftar 7 wanita Asia yang cukup punya pengaruh besar di Asia menurut forbes.com:

1. Park Geun-hye

Presiden Korea Selatan yang satu ini mencuat namanya berkat kepemimpinannya yang cukup tegas dan profesional. Park Geun-hye, yang merupakan putri dari Park Chung-hee (salah satu pejabat tinggi di Korea Selatan), dikenal berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negaranya mencapai $1.4 milyar.

2. Arundhati Bhattacharya

Arundhati Bhattacharya merupakan salah satu pimpinan dari salah satu bank di India di mana dia memiliki peranan untuk mengatur hampir semua aspek di dalamnya. Arundhati Bhattacharya juga merupakan orang yang paling berperan untuk meningkatkan perekonomian di India saat negara tersebut mengalami krisis.

3. Sri Mulyani Indrawati

Wanita yang berasal dari Indonesia ini juga memiliki peranan penting dalam World Bank. Sri Mulyani merupakan wanita yang paling senior di World Bank yang memiliki program untuk menurunkan angka kemiskinan dan juga pemerataan kesejahteraan rakyat. Sri Mulyani sudah bergabung dengan Bank Indonesia sejak tahun 2010.

4. Wu Yajun

Wu Yajun merupakan wanita yang berkebangsaan China yang mempunyai andil yang cukup besar dalam bidang Real Estate. Bisnis Real Estate yang dijalankan oleh Wu Yajun ini sebelumnya dia rintis bersama suaminya, Cai Kui, sebelum akhirnya bercerai. Melalui bisnis ini, Wu Yajun berhasil mengembangkan banyak proyek di 21 daerah di Cina sejak tahun 1993.

5. Cher Wang

Mungkin tidak banyak orang yang tahu siapa sosok di balik suksesnya HTC Corp yang ternyata dipimpin oleh seorang wanita, Cher Wang. Peran aktif dari wanita berkebangsaan Taiwan ini membuat HTC Corp menjadi salah satu perusahaan yang cukup dipertimbangkan di dunia. Saat HTC Corp mengalami krisis pada tahun 2014, dialah yang menciptakan inovasi-inovasi yang akhirnya membuat perusahaannya kembali menggeliat.

6. Sheikha Lubna Al Qasimi

Wanita yang satu ini berhasil memegang jabatan sebagai menteri kerja sama dan pembangunan internasional di Uni Emirat Arab. Nama Sheika Lubna Al Qasimi sudah tidak asing lagi di bidang politik dan ekonomi, sejak karirnya sebagai menteri ekonomi dimulai pada tahun 2004 dan dia juga pernah menjabat sebagai kepala ekspor-impor.

7. Ho Ching

Singapura juga memiliki salah satu sosok wanita yang paling berpengaruh, yaitu Ho Ching yang merupakan CEO dari Temasek. Kekayaan dari perusahaan investasi Temasek mampu meningkat sampai 9% saat kepemimpinannya dipegang oleh Ho Ching. Ho Ching ternyata adalah istri dari Lee Hsien Look yang merupakan perdana menteri dari Singapura.