Brilio.net - Membuka usaha atau bisnis bisa kamu lakukan sendiri maupun bersama orang-orang terdekat. Ada yang bilang bisnis akan nyaman ketika dilakukan bareng orang terdekat seperti saudara maupun pasangan.

Maka dari itu, ada pasangan yang memutuskan berbisnis bersama, namun ada juga orang yang memilih untuk berbisnis sendiri tanpa campur tangan pacar. Keduanya tentu punya alasan masing-masing.

Kira-kira apa saja sih yang harus kamu dan pasanganmu pertimbangkan sebelum benar-benar mengembangkan bisnis bersama? Berikut ini pertimbangan-pertimbangan sebelum memulai bisnis dengan pasangan yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (24/11):

1. Komitmen

7 Tips agar bisnis bareng pacar berjalan lancar, perhatikan ya!

Loading...

foto: http://artofrelationship.net/

Dalam sebuah hubungan bisnis tentu saja ada komitmen yang harus ditanggung agar bisnis bisa berjalan. Memang akan lebih mudah membangun komitmen dengan orang terdekat apalagi pasangan. Paling nggak kamu sudah tahu latar belakang dia.

"Sejak sebelum menikah juga sudah yakin buat usaha bareng, dengan komitmen berdua alhamdulillah usaha juga semakin lancar," terang Anny yang memulai bisnis cireng isi berdua dengan suami sejak 2012 lalu.

2. Kepercayaan

7 Tips agar bisnis bareng pacar berjalan lancar, perhatikan ya!

foto:  giphy.com

Usaha atau bisnis bersama itu nggak cuma enak menikmati untungnya saja lho. Tapi juga lebih rawan konflik, karena berasal dari dua kepala atau dua pemikiran.

"Kuncinya sih saling percaya dan saling dukung," Tambah Anny kepada brilio.net

3. Komunikasi yang baik

7 Tips agar bisnis bareng pacar berjalan lancar, perhatikan ya!foto: http://bisikan.com

Kunci hubungan seseorang dengan pasangannya ada di komunikasi. Bagaimana pun komunikasi itu penting dalam sebuah hubungan manusia untuk menghindari kesalahan persepsi.

"Yang terpenting selalu komunikasi yang baik," kata Primarita, wanita asal Nganjuk Jawa Timur yang kini memiliki usaha batik dan mukena.

4. Job desk yang jelas

7 Tips agar bisnis bareng pacar berjalan lancar, perhatikan ya!

foto: http://static.ciputraentrepreneurship.com

Meskipun kerja bareng pasangan, kamu dan pasangan nggak boleh melalaikan peran masing-masing. Setiap orang harus memiliki job desk yang jelas seperti bekerja pada umumnya.

"Iya, jadi nanti saya yang ngrekap orderan sama packing. Suami yang mengirimkannya ke jasa pengiriman. Kalau belanja biasanya berdua," terang Primarita yang kini berusia 27 tahun ini.

5. Jujur dan terbuka

7 Tips agar bisnis bareng pacar berjalan lancar, perhatikan ya!foto: http://img.bisnis.com/

Sebagai orang terdekat sekaligus terpercaya, bisnis bareng pasangan akan membuat kamu lebih mudah jujur dan terbuka. Misal saja kamu menemukan kendala, kamu nggak perlu malu atau risih bercerita dengan pasangan sekaligus rekan bisnismu itu.

"Enaknya, bisa saling terbuka dan jujur saat menghadapi kendala. Jadi nggak ada beban yang berarti," tutur Ipung yang juga melakoni bisnis dengan tunangannya.

6. Melakukan segalanya berdua

7 Tips agar bisnis bareng pacar berjalan lancar, perhatikan ya!foto: instagram

Keuntungan lainnya berbisnis dengan pacar adalah bisa melakukan apa-apa berdua, sehingga intensitas bertemu pun semakin sering. Berbeda dengan kalau harus kerja sendiri-sendiri, pasangan yang punya kesibukan masing-masing biasanya cuma akan bertemu sepulang kerja atau pun di weekend saja.

"Kualitas bertemu semakin sering, dan yang kami bahas pun sesuatu yang berbobot yaitu tentang bisnis.", tutup Ipung.

7. Profesional

7 Tips agar bisnis bareng pacar berjalan lancar, perhatikan ya!

foto: http://img2.timeinc.net

Namun, kamu juga harus berhati-hati, yang namanya bisnis nggak selalu lancar-lancar saja tentu ada rintangan. Sebaiknya kamu dan pasangan profesional agar nggak sampai merembet ke masalah pribadi. Jangan campurkan masalah pribadi dengan masalah bisnis. Makanya, komunikasi yang baik itu sangat dibutuhkan.

Nah, jadi bagaimana? Siap membuka usaha bareng pasangan?