×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Mitos tentang hujan, dari lempar kolor sampai dilarang mandi

View Image

0

BRILIO » News

7 Mitos tentang hujan, dari lempar kolor sampai dilarang mandi

Kegiatan apapun memang seringkali dikait-kaitkan dengan mitos.

16 / 11 / 2015

Brilio.net - Bukan orang Indonesia namanya kalau nggak percaya mitos. Kegiatan apapun memang seringkali dikait-kaitkan dengan mitos. Ngomong-ngomong soal mitos, sekarang kan lagi masuk musim hujan yang tentunya nggak jauh-jauh juga dengan mitos. Menurut penelusuran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (16/11), ini lho mitos-mitos seputar hujan yang beredar di masyarakat. Kira-kira bener nggak ya?

1. Hujan saat panas terik

7 Mitos tentang hujan, dari lempar kolor sampai dilarang mandi

foto: cfoic.com

Usut punya usut nih, kalo hari lagi panas-panasnya tapi terus turun gerimis, mitosnya sih katanya ada orang meninggal. Lebih spesifik sih katanya ada yang bilang juga kalau yang meninggalnya tuh orang keturunan Tionghoa. Nggak cuma itu saja, kalau masyarakat Banten percaya jika cuaca mendadak panas dan matahari tetap terik, padahal hujan sedang deras-derasnya, maka itu pertanda singa sedang melahirkan. Beda lagi dengan di Jawa, menurut kepercayaan Jawa kuno hal hujan yang turun saat panas terik pertanda air tersebut adalah tetesan keringat dan air ketuban genderuwo yang sedang melahirkan! Hmmm, mitos aja berbagai versi ya!

Loading...

2. Teru-Teru Bozu

7 Mitos tentang hujan, dari lempar kolor sampai dilarang mandi

foto: chrunchyroll.com

Ritual menggantungkan kain atau kertas berwarna putih yang diisi dengan kapas sehingga berbentuk seperti hantu ini merupakan kebudayaan Jepang yang sudah mulai diadaptasi orang Indonesia. Konon kalau ini digantung dekat jendela, artinya berharap kalau esok hari cuaca akan cerah dan untuk mencegah hujan. Kok bentuknya malah serem ya?

3. Lempar kolor ke genteng

7 Mitos tentang hujan, dari lempar kolor sampai dilarang mandi

foto: kapanlagi.com

Menurut kepercayaan sih kalau kamu ingin hujan cepet berhenti, kamu harus lempar kolor ke atas genteng. Syaratnya kolor yang habis dipakai, bukan yang ambil dari lemari. Kira-kira udah ada yang praktekin belum nih?

4. Pengantin nggak boleh mandi

7 Mitos tentang hujan, dari lempar kolor sampai dilarang mandi

foto: thejakartapost.com

Pesisir utara, antara Karawang-Bekasi, sebagian masyarakatnya percaya, calon pengantin wanita nggak boleh mandi saat hendak dirias. Soalnya biasanya akan turun hujan dan hujan tentunya akan sedikit menghambat acara pernikahan. Masa mau nikahan bau ya?

5. Tiap Imlek pasti hujan

7 Mitos tentang hujan, dari lempar kolor sampai dilarang mandi

foto: theglobaljournal.com

Memang benar sih, tiap hari raya Imlek pasti sering turun hujan. Sebenernya ini karena kebetulan saja Imlek dirayakan di bulan Februari alias pas musim penghujan, makanya pasti hujan. Menurut kepercayaan, kalau sebelum Imlek itu turun hujan pertanda membawa hoki.

6. Jangan meneriaki anak yang hujan-hujanan

7 Mitos tentang hujan, dari lempar kolor sampai dilarang mandi

foto: holisticare.co.id

Hujan deras kadang-kadang malah begitu dinanti anak-anak karena mereka bisa main sambil bermandi hujan. Konon, jika orangtua meneriaki anak-anak agar tidak hujan-hujanan lantaran takut sakit, tetapi anaknya tetap main hujan-hujanan, maka anaknya akan benar-benar sakit. Tetapi jika orangtua membiarkan, maka anaknya akan sehat-sehat saja.

7. Menaruh baskom berisi air garam di depan rumah

7 Mitos tentang hujan, dari lempar kolor sampai dilarang mandi

foto: suaratangsel.com

Saat kekeringan panjang dan ingin hujan banyak orang percaya bahwa menaruh baskom air garam di depan rumah bisa menyebabkan hujan turun. Semakin banyak baskon hujan akan turun lebih cepat. Aduh, ada ada saja ya!

Kalau kamu sendiri pernah mempraktekan yang mana hayo?







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    60%

  • Ngakak!

    40%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more