Brilio.net - Banyak yang berpendapat menjadi mahasiswa adalah masa dimana kamu dapat memutuskan banyak hal sendiri. Masa-masa ini mengharuskan kamu mulai mandiri. Banyak hal juga yang harus kamu putuskan kaitannya dengan kampus. Misalnya, mau berangkat kuliah atau nggak.

Kalau zaman SMA kan kebanyakan masih di rumah, jadi masih selalu dalam pantauan orangtua. Sementara ketika kuliah, kita punya jadwal yang jauh berbeda dengan ketika sekolah. Banyak hal lebih mungkin untuk dimanipulasi dengan kecurangan.

Kamu yang mahasiswa atau pernah menjadi mahasiswa pasti pernah melakukan kecurangan-kecurangan berikut. Paling tidak melihat praktik kecurangan berikut di sekeliling kamu.

Nah, brilio.net Rabu (18/11) merangkumnya menjadi 10 kecurangan yang biasanya dilakukan kaum mahasiswa. Yuk, simak di sini.

1. Titip Absen

7 Hal curang identik dengan mahasiswa, jangan ditiru ya!


foto: clarence.wikia.com

Titip Absen (TA) sudah menjadi bagian dari budaya mahasiswa di Indonesia. Hal ini dilakukan salah satunya untuk tetap bisa ikut ujian semester dan tidak dikeluarkan dari kelas oleh dosen karena banyak absen bolong. Biasanya sih, mahasiswa akan saling gantian TA, biar adil. Seperti yang diungkapkan Dwi Asri Ani, salah satu mahasiswa di Yogyakarta ini mengaku sering bergantian TA dengan temannya. "Sering dititipin TA, tapi sering nitip juga sih. Kan biar adil, hehe." Ungkap Ani ketika dihubungi brilio.net Rabu (18/11).

2. Copy Paste

7 Hal curang identik dengan mahasiswa, jangan ditiru ya!


foto: www.etsy.com

Ada tugas tapi lupa dan malah pergi main? Begini kelakuan beberapa mahasiswa, solusi cepatnya dengan copy paste tugas. Kebiasaan buruk ini sudah sering menjadi buah bibir untuk kalangan mahasiswa. Seringkali juga ketahuan Dosen, tapi masih saja banyak yang copy paste.

3. Plagiarisme

7 Hal curang identik dengan mahasiswa, jangan ditiru ya!


foto: punio.tumblr.com

Sebenarnya, batasan plagiarisme sendiri belum bisa dijabarkan dengan pasti. Tapi, kalau kamu mengutip kata-kata di skripsi teman kamu, misalnya, tanpa mencantumkan nama mereka, praktik ini bisa dikatakan plagiat. Menurut Dr. Wiyatmi, M.Hum, dosen jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, banyak mahasiswa masih melakukan praktik plagiarisme. "Masih sering saya menemukan praktik plagiarisme. Ada yang melakukannya karena kepepet dan ada yang tidak paham kalau dia sudah melakukan plagiat," ungkapnya ketika dihubungi brilio.net Rabu (17/11).

Bukan hanya di kalangan mahasiswa, beberapa oknum dosen pun pernah melakukan praktik ini. Salah satunya adalah yang dilakukan Prof. Anak Agung Banyu Perwita, dosen Jurusan Hubungan Internasional Universitas Parahyangan ini mengundurkan diri pada tahun 2010 sebagai dosen karena tersandung skandal plagiarisme.

4. Nitip nama di tugas kelompok

7 Hal curang identik dengan mahasiswa, jangan ditiru ya!


foto: www.uckg.co.nz

Ketika kuliah pasti ada teman kalian setiap tugas kelompok cuma numpang nama tapi nggak ikut menyelesaikan tugasnya. Banyak tipe mahasiswa seperti ini, pas yang lain ngerjain dia sibuk main gadget atau ngobrol ngalor-ngidul. Kamu jangan menjadi mahasiswa tipe ini ya, nanti cuma temen kamu saja yang pintar lho.

5. Skripsi bayaran

7 Hal curang identik dengan mahasiswa, jangan ditiru ya!


foto: www.nbc.com

Pusing dengan skripsi? Hubungi nomor 08XXXX. Iklan seperti ini pasti banyak kamu temukan di jalan-jalan. Terutama di kota-kota yang banyak kaum mahasiswanya seperti Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Kalau iklannya saja beredar luas dengan bebas bagaimana dengan praktiknya? Kamu juga pernah mendengar kasus ini di kampusmu?

6. Kerjasama dalam mengerjakan tugas atau ujian mandiri

7 Hal curang identik dengan mahasiswa, jangan ditiru ya!


foto: www.fastcoexist.com

Kalau kecurangan yang ini sih sudah jadi rahasia umum ya. Karena prinsip persatuan dan kesatuan selalu dijunjung tinggi oleh mahasiswa, begitu juga dalam mengerjakan tugas dan ujian. Hehe.

7. Pura-pura lupa kalau ada tugas

7 Hal curang identik dengan mahasiswa, jangan ditiru ya!


foto: clas.uiowa.edu

Beberapa dosen yang sudah sepuh dan sering lupa biasanya jadi korban mahasiswa iseng. Ketika ada tugas yang harus dikumpulkan, satu kelas akan kompak mengatakan untuk minggu depan. Kelas kalian juga pernah begini guys?