Brilio.net - Berbicara mengenai wanita dan Islam memang tidak ada habisnya. Seperti yang kita tahu bahwa memang dalam Islam sendiri sudah banyak dituliskan tentang hakikat seorang wanita, bagaimana wanita harus bersikap, apa saja hak serta kewajiban seorang wanita, dan lainnya.

Terlepas dari banyaknya perdebatan yang muncul terkait wanita dalam Islam, seorang penulis, aktivis, konsultan, serta ibu, Yasmina Blackburn menyampaikan 7 fakta menarik tentang Khadijah seperti yang dilansir dari huffingtonpost.com.

1. Khadijah merupakan sosok wanita dan pebisnis yang sukses

Khadijah merupakan anak dari seorang saudagar sukses yang mewarisi kemampuan berdagang ayahnya. Hal ini terbukti Khadijah sukses menjalankan bisnis keluarganya pasca sang ayah meninggal sampai akhirnya bisnisnya menjadi yang paling besar di antara para saudagar lain.

2. Khadijah menolak banyak lamaran pria

Loading...

Sosok Khadijah yang sukses baik dalam karier dan juga dengan sifat yang baik tampaknya membuat banyak pria terpikat. Sebelum menikah dengan Nabi Muhammad, Khadijah telah menjanda dari 2 pernikahannya dan juga telah dikaruniai anak. Itulah yang kemudian membuatnya menjadi sosok pemilih dan lebih sabar untuk menunggu lelaki yang tepat.

3. Khadijah meminta Nabi Muhammad untuk menikahinya

Khadijah waktu itu sudah paham betul dengan sifat dan juga kepandaian Muhammad entah dalam hal berdagang, dan lainnya. Khadijah merasa jatuh cinta pada Muhammad, dan akhirnya melalui temannya dia meminta Muhammad menikahinya. Dan ternyata Muhammad menyetujuinya.

4. Khadijah 15 tahun lebih tua dari Muhammad

Khadijah saat itu berusia 40 tahun saat menikah dengan Muhammad yang usianya masih 25 tahun

5. Khadijah adalah sosok istri yang ideal

Peran Khadijah sangat terlihat ketika dia harus menenangkan sang suami selepas mendapat wahyu pertama yang disampaikan oleh Malaikat Jibril. Saat itu memang hari-hari terasa sulit dan Khadijah berusaha untuk terus memberikan semangat pada sang suami pada masa-masa sulit tersebut.

6. Khadijah adalah perempuan pertama yang memeluk Islam

Khadijah adalah ibu dari agama Islam yang merupakan orang pertama yang menerima Muhammad merupakan nabi terakhir dan terus berjuang bersama sang suami untuk memperjuangkan Islam.

7. Khadijah senang bersedekah

Dalam Islam kita semua diajarkan bahwa harta itu sebenarnya hanyalah titipan. Khadijah pada masa itu senang membagi hartanya untuk orang miskin dan anak yatim, untuk para janda dan mereka yang sakit. Dia juga membantu gadis yang miskin untuk menikah dan menyediakan seserahannya.

BACA JUGA:

Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

Ini alasan kamu tak perlu persoalkan dokter kandungan lelaki

10 Hal yang seharusnya tak perlu kamu unggah di media sosial

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal