Brilio.net - Saat ini dunia sepakbola seolah-olah dikuasai oleh dua orang saja. Kehebatan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memang mampu menghipnotis para pecinta olahraga paling populer di muka bumi ini. Tapi selain mereka berdua, tahukah kamu sejak dulu ada beberapa pemain berkaki kidal yang mampu menunjukkan kehebatannya.

Seolah tak mau kalah dengan para pemain berkaki kanan, para pemain kidal ini juga mempunyai prestasi yang nggak bisa kamu anggap remeh. Penasaran? Berikut 7 Mantan pesepakbola berkaki kidal paling sukses yang pernah ada, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (19/11):

1. Roberto Carlos

7 Eks pesepakbola berkaki kidal ini termoncer di dunia, kamu kenal? foto: bleacherreport.com
Tendangan bebas melengkung ke gawang Prancis bisa jadi hal yang paling diingat dari diri Roberto Carlos. Dia menggunakan kaki kiri untuk mengeksekusi tendangan fantastis itu. Posisi sebagai bek kiri, Roberto Carlos sukses bersama Real Madrid dengan tiga gelar La Liga, tiga gelar Piala Super Spanyol, tiga gelar Liga Champions, dua piala Inter Kontinental, dan satu Piala Super Eropa. Di level timnas, dia juga berjaya bersama Brasil di Piala Dunia 2002.

2. Ryan Giggs

7 Eks pesepakbola berkaki kidal ini termoncer di dunia, kamu kenal? foto: caughtoffside.com
Bagi para fans Manchester United, Ryan Giggs adalah nama besar yang tak bisa dilupakan. Pria dengan nama lengkap Ryan Joseph Giggs yang hanya berkarier bagi United ini sukses meraih 34 trofi. Dia terkenal memiliki drible dan akurasi tendangan kaki kiri yang mumpuni. Giggs menjelma menjadi pemain sayap paling berbahaya di dunia.

3. Maradona

7 Eks pesepakbola berkaki kidal ini termoncer di dunia, kamu kenal? foto: destinationsoccer.com
Bicara Timnas Argentina, pasti nggak jauh-jauh sama yang namanya Maradona. Pesepakbola yang dijuluki Si Tangan Tuhan karena aksinya di Piala Dunia 1986 ini berhasil mempersembahkan trofi Piala Dunia 1986. Nggak hanya di timnas, Maradona juga sukses bersama klubnya Napoli dengan meraih lima trofi di berbagai ajang.

4. Paolo Maldini

7 Eks pesepakbola berkaki kidal ini termoncer di dunia, kamu kenal? foto: dailymail.co.uk
Paolo Maldini adalah simbol loyalitas tanpa batas. Bek kidal itu hanya membela AC Milan sepanjang karier sepak bola profesionalnya. Totalnya, Maldini telah tampil lebih dari 900 laga bersama Rossoneri. Legenda Milan ini telah memenangkan tujuh gelar Serie A dan lima piala di kancah Eropa. Untuk mengenang jasanya, AC Milan hanya membolehkan nomor punggung 3 untuk keturunannya saja.

5. Alfredo Di Stefano

7 Eks pesepakbola berkaki kidal ini termoncer di dunia, kamu kenal? foto: bbc.com
Banyak yang nggak mengenal sosok Alfredo Di Stefano. Mantan legenda Real Madrid ini juga pernah membela tiga negara yang berbeda semasa bermain, yaitu Argentina, Kolombia dan Spanyol. Di Stefano dikenal karena kemampuan mencetak golnya. Ini karena prosentase golnya hampir seratus persen. Artinya, dia nyaris selalu mencetak satu gol dalam setiap pertandingan. Luar biasa ya.

6. Johan Cruyff

7 Eks pesepakbola berkaki kidal ini termoncer di dunia, kamu kenal?

foto: dailymail.co.uk
Disebut sebagai satu dari tiga pemain terbaik sepanjang sejarah, Cruyff punya andil besar dalam merevolusi sepakbola. Dia adalah salah satu pionir dalam pengembangan Total Football. Walaupun nggak pernah menjadi juara bersama timnas Belanda, tapi Cruyff adalah pemain paling menonjol pada eranya. Ia juga yang menciptakan gerakan 'Cruijff Turn', gerakan populer yang sering digunakan pesepakbola modern seperti Ronaldo, Messi, atau Neymar.

7. Ferenc Puskas

7 Eks pesepakbola berkaki kidal ini termoncer di dunia, kamu kenal? foto: theguardian.com
Puskas adalah salah satu anggota 'The Mighty Magyar', skuad Hungaria yang sangat ditakuti dunia. Menggunakan kaki kiri sebagai senjata andalan, Puskas berhasil mencetak 616 gol dalam 620 pertandingan resmi yang dijalaninya. Termasuk delapan musim bersama Real Madrid di mana dia mencetak hampir 250 gol. Di timnas Hungaria sendiri, Puskas mencetak 84 gol dalam 85 penampilan.