Brilio.net - Kouta internet kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi para pengguna smartphone. Karena tanpa kuota internet, gadget secanggih apa pun bisa berubah jadi handphone jadul karena hanya bisa dibuat telepon dan sms.

Padahal banyaknya aplikasi yang ada di smartphone bisa membuat kebutuhan kuota internet menjadi tinggi. Buat mengakalinya, mencari akses wifi gratisan jadi salah satua solusi.

Tapi mencari akses wifi juga nggak semudah yang dibayangkan. Nah, berikut 7 hal yang rela dilakukan orang agar bisa mendapatkan akses wifi gratisan:

1. Ke cafe beli makan paling murah

7 Cara simpel ini ternyata solusi berburu wifi gratis, kamu mau coba? foto: jogjadigitalvalley.com
Cafe jadi salah satu tempat yang saat ini sudah pasti dipasangi akses wifi. Supaya dapat akses internet gratis, nggak sedikit orang yang sengaja datang ke cafe. Ya, beli makanan yang paling murahlah buat syarat. Kalau memang lagi bokek ya beli minum saja sudah cukup. Kamu begitu?

2. Berlama-lama di area kampus atau sekolah

7 Cara simpel ini ternyata solusi berburu wifi gratis, kamu mau coba? foto: rina-rantiasih.blog.ugm.ac.id
Area kampus maupun sekolah kini juga sudah banyak yang dipasangi akses wifi. Bahkan di tempat ini nggak harus merogoh kocek buat dapat aksesnya.

Asal punya username dan password, akses internet sudah bisa dipegang. Maka nggak heran jika nggak ada kuliah, banyak mahasiswa yang betah banget berlama-lama di area kampus atau sekolah. Hmm...

3. Sengaja nggak pulang-pulang dari kantor

7 Cara simpel ini ternyata solusi berburu wifi gratis, kamu mau coba? foto: brilio.net/Romdlon
Buat yang sudah bekerja, akses internet di kantor punya peran besar buat bikin irit kuota internet smartphone. Mulai dari masuk kantor, koneksi wifi sudah ditancapkan hingga pulang. Bahkan biar irit, sengaja nggak pulang dari kantor sampai downloadan selesai pun rela dilakukan.

4. Ke rumah teman

7 Cara simpel ini ternyata solusi berburu wifi gratis, kamu mau coba? foto: inwepo.co
Kalau kamu punya teman yang pasang koneksi wifi, main ke rumahnya saat kuota internetmu sudah kritis. Ya, iseng saja main, pura-pura pinjam buku atau tanya tugas. Selain dapat akses gratis, kalau beruntung kamu juga bisa dapatin camilan gratis. Hahaha...

5. Ke perpustakaan cuma buat internetan

7 Cara simpel ini ternyata solusi berburu wifi gratis, kamu mau coba? foto: brilio.net/Tony
Disadari atau nggak, alasan orang berkunjung ke perpustakaan kini sudah berbeda dengan dulu. Coba deh kamu ke perpustakaan kampus atau perpustakaan kota, bandingkan banyakan mana pengunjung yang membaca buku sama pengunjung yang mantengin laptop atau smartphone. Tahu jawabannya, kan?

6. Ke minimarket

7 Cara simpel ini ternyata solusi berburu wifi gratis, kamu mau coba? foto: dotsemarang.blogspot.co.id
Datang ke minimarket juga bisa menjadi salah satu cara buat mendapatkan akses wifi. Ya, tapi nggak semua minimarket kasih akses wifi gratisan, karena sebagian menggunakan wifi.id berbayar. Tapi jika dihitung-hitung bisa dikatakan murah kok.

7. Rela ikut meramaikan taman kota

7 Cara simpel ini ternyata solusi berburu wifi gratis, kamu mau coba? foto: ardiforgood.wordpress.com
Program smart city yang sudah dilakukan di banyak kota membuat banyak area keramaian dipasangi akses wifi. Gratis sih, asal kamu betah berlama-lama di area keramaian saja. Maklum, yang gratis kan memang banyak dicari.

Nah, itu 7 hal yang bisa dilakukan buat dapat akses wifi gratis. Kalau kamu sendiri sering melakukan yang mana?