Brilio.net - Kecanggihan teknologi semakin lama memang membuat orang geleng-geleng kepala saja. Inovasi para ilmuwan terus dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat penikmat produk teknologi.

Dari benda sekecil smartphone saja seseorang bisa melakukan banyak hal. Tak hanya sebagai alat komunikasi, smartphone juga bisa menunjang aktivitas lain dari manusia. Mulai dari dijadikan lampu senter, kunci kontrol pintu, hingga remote universal. Dari smartphone juga seseorang bisa mengetahui kabar dari belahan dunia lain.

Nah, benarkah semua benda di dunia sekarang telah tergantikan oleh kecanggihan smartphone? Ternyata tidak, berikut benda yang masih belum bertahan dari gempuran smartphone, Selasa (8/12):

1. Buku tulis atau blocknote

7 Benda ini ternyata tak tergantikan kecanggihan smartphone, setuju?

foto: knue.com

Meskipun smartphone sudah menyediakan fitur note, tapi tetap saja masih banyak orang yang membutuhkan buku. Menulis di buku dan blocknote tetap punya rasa yang berbeda dengan menulis di smartphone dengan fitur note. Ya, di buku kamu bisa sesuka hati menulis dengan berbagai gaya, sementara hal itu nggak bisa dilakukan di smartphone.

"Meski aku install evernote dan keep google, aku tetap butuh buku buat corat-coret ide atau pun catatan terkait suatu hal atau to do list," kata Derta Isyajora Rakhman, mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada (UGM).

2. Buku bacaan

7 Benda ini ternyata tak tergantikan kecanggihan smartphone, setuju?

foto: merdeka.com

"Secanggih apa pun smartphone, membaca buku tak bisa tergantikan," kata Nailis Saadah (24) yang kini bekerja di Pertamina Foundation Jakarta.

Siapa yang setuju sama pendapat Nailis? Ya, banyak sekali orang yang tetap memilih membaca buku secara langsung daripada e-book. Bahkan jika tidak terbiasa, membaca e-book malah bisa bikin mengantuk. Secara kekuatan mata menatap layar smartphone pasti berbeda dengan kekuatan mata menatap buku secara langsung.

3. Kalender

7 Benda ini ternyata tak tergantikan kecanggihan smartphone, setuju?

foto: isagrafika.com

Meskipun semua smartphone pasti memiliki fitur kalender, tapi hampir semua orang masih pasang kalender nyata di rumahnya. Apalagi di kalender, kamu bisa sesuka hati membuat catatan-catatan penting yang lebih mudah dilihat daripada harus membuka-buka smartphone. Setuju?

4. Jam tangan

7 Benda ini ternyata tak tergantikan kecanggihan smartphone, setuju?

foto: merdeka.com

Sama seperti kalender, jam sebagai penunjuk waktu juga sudah pasti menjadi fitur pokok di setiap smartphone. Tapi nyatanya penggunaan jam tangan maupun jam dinding juga tak surut. Untuk mengetahui waktu, melihat jam tangan akan lebih simpel ketimbang harus membuka smartphone untuk melihat waktu. Beda lagi dengan mereka yang nggak memakai jam tangan, satu-satunya penunjuk waktu ke mana saja mereka pergi adalah jam di smartphone.

5. Kalkulator

7 Benda ini ternyata tak tergantikan kecanggihan smartphone, setuju?

foto: tokojadi.net

Bagi mahasiswa teknik, kalkulator scientific menjadi barang pokok. Apalagi fitur kalkulator yang ada di smartphone hanya merupakan pendukung perhitungan dasar sehingga sangat kurang bagi mereka yang membutuhkan perhitungan rumit ala anak teknik. Maka nggak heran jika sampai saat ini mahasiswa teknik masih membawa kalkulator di tas mereka.

"Walaupun ada kalkulator HP, tapi kalau ngerjain tugas nggak afdol kalau nggak pakai kalkulator scientific," kata mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Rosita Dewi.

6. Kamera

7 Benda ini ternyata tak tergantikan kecanggihan smartphone, setuju?

foto: slrphotographyguide.com

Secanggih apa pun fitur kamera yang ada di smartphone, tetap saja sampai saat ini belum bisa menggantikan peran dari kamera DSLR. Ya, bagi para fotografer profesional, penggunaan kamera smartphone dengan kamera DSLR tetap punya hasil bidikan yang lebih mantap dibandingkan dengan sekadar menggunakan smartphone.

7. Laptop

7 Benda ini ternyata tak tergantikan kecanggihan smartphone, setuju?

foto: tekrevue.com

Nah, benda yang satu ini sepertinya juga belum akan musnah dari bumi. Meskipun segala hal yang ada bisa dilakukan dengan smartphone, tetapi sampai saat ini laptop masih menjadi produk teknologi yang banyak dibutuhkan. Kecanggihan yang ditawarkan pun selalu tak mau kalah dengan smartphone.

Nah, itu beberapa benda yang belum bisa tergantikan dengan kecanggihan teknologi smartphone. Kalau menurutmu sendiri, apa yang belum bisa tergantikan? Tulis di kolom komentar ya!