Brilio.net - Menjalin hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) memang bukan perkara mudah. Selain susah bertemu, LDR juga berkaitan dengan ujian kesetiaan. Sejak maraknya telepon genggam, komunikasi antar-pasangan LDR jadi semakin mudah. Dulu, ketika telepon masih jadi barang mewah dan nggak semua orang punya, pasangan jarak jauh ini mengandalkan surat untuk berkomunikasi.

Apa saja ya perbedaan pacaran LDR zaman dulu dan sekarang? Selain dilihat dari alat komunikasinya, banyak juga yang berbeda lho. Kamu mau tahu apa saja yang lain?

Berikut, brilio.net merangkumnya  6 perbedaan LDR dulu dan sekarang, Senin (30/11).

1. Komunikasi lambat vs cepat

6 Perbedaan LDR dulu & sekarang ini pernah kamu alami, benar nggak? foto: www.telegraph.co.uk
Karena dulu memiliki telepon bukan barang murah, maka komunikasi yang paling mungkin adalah surat. Kalau sekarang gampang, komunikasi sangat cepat, hitungan detik saja kamu sudah bisa tahu si doi sedang melakukan kegiatan apa.

"Untung sekarang komunikasi lebih gampang, jadi kalau kenapa-kenapa bisa cepat kasih kabar," terang Nurul, mahasiswi salah satu universitas swasta di Yogyakarta, yang LDR dengan kekasihnya.

2. Murah vs mahal

6 Perbedaan LDR dulu & sekarang ini pernah kamu alami, benar nggak? foto: www.natcom.org
Pacaran LDR zaman dulu bisa dikatakan lebih murah karena nggak perlu beli pulsa dan paket data. Siti Nurjanah, ibu 3 anak asal Muntilan, Magelang, menyatakan saat pacaran dan setelah menikah dengan suaminya masih menjalin hubungan jarak jauh. Saat ini suaminya bekerja di Jakarta, sementara dia memilih tinggal di Magelang.

"Dulu belum punya HP, jadi lebih murah. Sekarang kan jadi harus beli pulsa. Dulu ya pokoknya pulang tiap sebulan sekali," terang Jannah kepada brilio.net.

3. Susah vs mudah

6 Perbedaan LDR dulu & sekarang ini pernah kamu alami, benar nggak? foto: shelovesmagazine.com
Tentu LDR zaman dulu lebih susah untuk komunikasi. Selain itu, mereka juga nggak bisa setiap saat mengabarkan perasaan mereka. Misal saja kamu tengah sial dan butuh tempat untuk berbagi kisah, tetapi tidak bisa langsung menghubungi si doi yang jauh. Berbeda dengan zaman sekarang, kalau kamu mau menghubungi doi bisa kapan saja. Ada banyak cara untuk berkomunikasi, bahkan bisa saling tatap muka lewat gadget.

4. Tenang vs gelisah

6 Perbedaan LDR dulu & sekarang ini pernah kamu alami, benar nggak?

foto: lovestorysnapshot.com
LDR zaman dulu memang lebih susah soal komunikasi. Tapi, justru bikin hati lebih tenang lho. Siti Nurjanah mengaku justru lebih tenang ketika belum menggunakan HP. Setelah ada HP populer, ia justru selalu gelisah tiap kali sang suami tak menghubungi. Kadang kegelisahan ini diakui Nurjanah justru mengganggunya saat beraktivitas.

"Sejak ada HP, sering nungguin kalau nggak ditelepon-telepon. Kalau nggak ada kabar terus aku hubungin susah, jadi khawatir. Padahal biasanya suami lagi ada kerjaan atau tidur," ungkapnya.

5. Dekat di hati vs dekat di smartphone

6 Perbedaan LDR dulu & sekarang ini pernah kamu alami, benar nggak? foto: www.neverwhatyouthink.com
Meskipun susah berkomunikasi, LDR zaman dulu tetap bisa berjalan dengan baik lho. Contohnya Siti Nurjanah yang sudah LDR sejak tahun 1983 tersebut mengaku tetap dekat di hati dengan suaminya. Kalau LDR zaman sekarang jelas dekat di smartphone ya, karena untuk komunikasi kamu harus dekat-dekat sama smartphone.

"Walau jarang komunikasi, tapi tetap dekat di hati," canda Nurjanah.

6. Modal percaya vs stalking media sosial

6 Perbedaan LDR dulu & sekarang ini pernah kamu alami, benar nggak? foto: www.darpanmagazine.com
Kalau zaman dulu kan susah mencari informasi apa yang dikerjakan si doi di sana. Bedanya, zaman sekarang lebih mudah untuk mengetahui kesetiaannya. Kamu bisa lihat di media sosial apa yang dia posting, juga bisa mengecek di media sosial teman-temannya.

"Kalau sekarang gampang sih ya ngecek dia setia apa nggak di sana. Kan bisa lihat di Path, Facebook, Instagramnya dia. Kalau nggak ya lihat di akun-akun temennya dia," terang Sintia, mahasiswi di Yogyakarta yang sudah satu tahun LDR.