Brilio.net - Wajah sejatinya adalah bagian tubuh yang paling sensitif. Pasalnya wajah sering terpapar langsung dengan sinar matahari, debu maupun sentuhan. Oleh karena itu penyakit kulit sering sekali mengintai bagian wajah kita.

Nah penyakit kulit ini tak hanya jerawat saja lho. Namun ada banyak jenisnya yang siap-siap mengintai wajah mulus kamu. Nah sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya kamu mengenal jenis-jenis penyakit kulit ini seperti yang sudah brilio.net kumpulkan dari womenhealth, Kamis, (5/11).

1. Rosacea

Rosacea adalah penyakit ruam kronis dimana gejalanya kulit di wajah menjadi kemerahan dengan muncul bintik-bintik berlebih serta pembengkakan. Banyak orang yang salah menyebut rosacea dengan jerawat. Penyebab rosacea adalah paparan sinar matahari, stres, makanan pedas dan terlalu lama berendam di air panas.

2. Sebaceous Hyperlasia

Gejala dari penyakit ini adalah munculnya benjolan kecil berupa kelenjar minyak yang membesar. Warnanya sendiri adalah merah kekuning-kuningan. Jika sudah terkena lebih baik segera dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Karena jika dibiarkan akan membesar dengan cepat dan dapat menyebabkan infeksi.

3. Milia

Milia merupakan bintik-bintik kecil berwarna putih yang tumbuh di sekitar kelopak mata dan pipi. Milia sering tumbuh setiap bulan sekali seperti jerawat dan membuat orang ingin mencongkelnya. Cara menghilangkannya biasanya adalah dengan mengkompresnya dengan air hangat atau menggunakan krim yang mengandung retinoid.

4. Skin tags

Skin tags ini bentuknya hampir sama dengan tahi lalat, yakni benjolan kecil di beberapa tempat. Yang membedakan dengan tahi lalat adalah warnanya yang tidak selalu hitam melainkan terkadang bening. Biasanya banyak muncul di bawah mata, pipi, ketiak, pangkal paha dan bawah payudara. Biasanya disebakan karena lipatan kulit yang sering bergesekan sehingga menyebabkan iritasi. Cara menghilangkannya adalah pergi ke dokter kulit.

5. Eczema

Setiap orang pasti pernah terkena penyakit ini. Gejalanya adalah kulit merah, gatal dan kering. Biasanya terjadi karena penggunaan sabun yang tidak cocok. Jika sudah terinfeksi parah segera bawa ke dokter untuk mendapat antibiotiknya.

6. Melasma

Melasma merupakan bercak hitam pada kulit karena terpapar sinar matahari. Biasanya muncul di dahi, pipi dan bibir atas. Untuk wanita sering terjadi saat mengkonsumsi pil KB yang menyebabkan hormon estrogen menjadi tinggi. Melasma biasanya hilang begitu saja tanpa pengobatan. Namun ada juga yang harus dihilangkan menggunakan laser.

(brl/pep)

(brl/pep)