Brilio.net - Pada tanggal 16 April 1952, Komando Pasukan Khusus Angkatan Darat (Kopassus) lahir. Didirikan oleh Kolonel A.E. Kawilarang bersama Letkol Slamet Riyadi, Kopassus menjadi salah satu pasukan elite yang disegani di dunia.

Sejak berdiri 63 tahun silam, pasukan yang terkenal tangkas, cepat, dan tangguh ini memiliki segudang prestasi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Selain prestasi, Kopassus juga kerap melaksanakan program pengabdian bagi bangsa dan negara, salah satunya program Ekspedisi NKRI.

Ekspedisi NKRI merupakan bentuk kepedulian TNI AD dalam menjaga kelestarian alam, mencari data dan menelusuri secara langsung di lapangan segala potensi bangsa Indonesia. Sejak awal berdiri, enam kali sudah Kopassus mengadakan ekspedisi, satu kali di luar negeri dan lima kali di dalam negeri.

Berikut 6 ekspedisi yang pernah dilakukan Kopassus:

1. Ekpedisi Everest

Loading...

6 Ekspedisi Kopassus yang membanggakan bangsa

Tanggal 26 April 1997, Prajurit Satu Asmujiono sukses membentangkan bendera merah putih di puncak Mount Everest, gunung tertinggi di dunia. Pendakian yang digagas Danjen Kopassus Mayjen Prabowo Subianto itu menjadi salah satu prestasi paling membanggakan untuk bangsa Indonesia.

2. Ekspedisi Bukit Barisan

6 Ekspedisi Kopassus yang membanggakan bangsa

Ekspedisi ini dilaksanakan di Pulau Sumatera pada tahun 2011. Adapun tujuan dari ekspedisi tersebut yaitu menggali kekayaan alam di 7 gunung di Bukit Barisan yang terdiri dari flora, fauna, kehutanan, dan geologi. Ekspedisi Bukit Barisan berhasil menemukan 3 jenis Panca Air, 9 spesies baru katak Sumatera, spesies lalat buah, dan kucing mas.

3. Ekspedisi Khatulistiwa

6 Ekspedisi Kopassus yang membanggakan bangsa

Ekspedisi Khatulistiwa dilaksanakan pada 2012 di Pulau Kalimantan dengan menghasilkan sejumlah temuan penting, diantaranya flora Raflesia tuanmudae dan Pellacalyx symphioides, serta pengamatan terhadap kondisi patok perbatasan.

4. Ekspedisi NKRI Sulawesi

6 Ekspedisi Kopassus yang membanggakan bangsa

Ekspedisi ini digelar di Pulau Sulawesi pada tahun 2013. Ada banyak sekali temuan dan prestasi yang dihasilkan, diantaranya spesies baru Begonia sp1 dan sp2, 2 jenis anggrek baru, pembangunan jembatan gantung dan MTS Muhammadyah Matteko, serta pendataan 163 budaya daerah.

 

5. Ekspedisi NKRI Maluku dan Maluku Utara

6 Ekspedisi Kopassus yang membanggakan bangsa

Ekspedisi NKRI koridor Maluku dan Maluku Utara digelar mulai tanggal 6 Februari hingga 26 Juni 2014. Ini merupakan ekspedisi keempat yang dilaksanakan di Tanah Air. Kegiatan ini melibatkan TNI AD, AU, AL, POLRI, Peneliti LIPI dan Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi, LSM dan Organisasi Kepemudaan.

6. Ekspedisi NKRI Nusa Tenggara

Tahun ini, Ekspedisi NKRI kembali digelar di Kepulauan Nusa Tenggara. Ekspedisi ini akan berlangsung selama empat bulan, mulai 19 Januari hingga 12 Juni 2015 dengan melibatkan berbagai unsur, diantaranya TNI, Polri, Mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat (LSM), para peneliti, kementerian, lembaga, dinas instansi baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, dan masyarakat setempat.