Brilio.net - Masih ingat bagaimana Neil Armstrong melakukan perjalan menuju satelit bumi? Ya, perjalanan yang dilakukan Armstrong membuka mata dunia bahwa manusia benar-benar mampu mendarat di bulan. Keberhasilan pendaratan di bulan inilah yang membuat berbagai misi lainnya kembali diutus ke bulan.

Perjalanan para astronot pun begitu beragam, banyak yang berhasil menginjakkan kakinya di bulan dan banyak pula yang gagal. Tidak hanya perjalanannya saya yang menyisakan cerita, para astronot tersebut juga pernah meninggalkan benda-benda unik milik mereka di bulan, berikut adalah benda-benda unik yang pernah tertinggal di bulan seperti yang dilansir brilio.net dari space, Jumat (10/7).

1. Batu lava dari bumi

Perjalanan setiap astronot menuju bulan tentu memiliki misi masing-masing. Salah satu tujuan perjalanan adalah mengetahui struktur permukaan bulan. NASA sempat mengirimkan tim untuk misi tersebut. Tim itu sebelumnya mengumpulkan sampel bebatuan di bumi, tepatnya di Devi's Lake, Bend, Oregon. Siapa sangka, sampel bebatuan itu dibawa ke bulan dan disimpan di sana.

2. Foto keluarga Charles Duke

Loading...

Astronot Amerika Charles Duke selalu membawa foto keluarganya selama perjalanannya di stasiun luar angkasa. Dia pernah membawa foto keluarganya saat pendaratan di bulan, namun foto keluarganya tersebut berubah menjadi hitam akibat radiasi yang ada di bulan. Foto kosong tersebut lalu ditinggalkannya di bulan.

3. Tugu peringatan di bulan

Perjalanan untuk melakukan pendaratan di satelit bumi itu tidak selamanya berjalan sesuai rencana. Banyak astronot yang meninggal dalam perjalanan. Hal inilah yang membuat seniman Paul Van Hoeydonck berinisiatif untuk membuat tugu peringatan bagi para astronot yang meninggal selama perjalanan. Jadilah karya paul sekarang menjadi tulisan pertama yang berupa tugu yang ada di bulan.

4. Bola golf

Alan Bartlett merupakan salah satu astronot yang pernah menginjakkan kakinya di bulan. Uniknya lagi, dia merupakan orang pertama yang bermain golf di bulan. Bola golf yang dilemparnya di bulan tidak dibawanya pulang ke bumi.

5. Pesan ratu Inggris

Apollo 11 yang juga berhasil melakukan perjalanan ke bulan sempat membawa pesan dari 70 kepala negara di dunia yang berisi perihal doa supaya mereka berhasil mendarat di sana. Tulisan doa-doa itu tidak semuanya dibawa kembali ke bumi, doa dari Ratu Elizabeth II tertinggal di bulan.

6. Gambar seniman terkenal

Perjalanan Apolo 12 menuju bulan ternyata juga meninggalkan benda unik di satelit bumi tersebut. Dalam perjalanan apolo mendarat di bulan tersebut, para astronot sempat membawa sebuah keramik kecil yang berisikan enam gambar para seniman terkenal seperti, Robert Rauschenberg, John Chamberlain, David Novros, Claes Oldenburg, Forrest Myers dan Andy Warhol. Nah, keramik tersebut tertinggal di bulan dan tidak dibawa pulang ke bumi.

BACA JUGA:

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan