Brilio.net - Akhir-akhir ini media sosial tengah disibukkan dengan maraknya lomba foto bayi. Banyak ibu-ibu yang dengan mudahnya mengikuti lomba tersebut tanpa tahu esensi dan tujuan lomba tersebut.

Alih-alih mendapat pujian atau pengakuan justru bisa jadi kita menyerahkan biodata lengkap bayi kita kepada orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah kali ini brilio.net akan bagikan tips pintar bagi orangtua yang akan mengikutkan anaknya ke dalam kontes foto bayi yang legal agar tidak berujung pada penipuan.

1. Lihat dulu siapa penyelenggaranya

Penyelenggara yang legal harus punya alamat dan kantor yang jelas. Sebagai contoh penyelenggara legal adalah toko baju anak dan produk bayi yang sudah jelas alamatnya, jadi jika suatu saat ada hal yang memberatkan bisa langsung mendatangi kantornya.

Loading...

2. Tujuan dan penilaian yang transparan

Setiap lomba pasti memiliki tujuan tertentu, sebagai contoh jika ada lomba foto bayi sehat dari suatu produk bedak bayi tertentu, berarti itu legal karena tujuannya melihat proposional bayi yang sehat.

Selain itu penilaian dan dewan juri juga ada untuk mengetahui aspek apa saja yang dinilai, jika hanya banyak-banyakan like tentu orang bisa dengan membuat akun banyak.

3. Biaya pendaftaran

Ini yang paling penting. Untuk lomba foto yang legal biasanya tidak dikenakan biaya pendaftaran. Kalaupun iya hanya cukup menunjukkan kita pernah membeli produk bayi dari mereka.

Sedangkan yang ilegal biasanya menetapkan biaya pendaftaran mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu. Yang harus diperhatikan jika Bunda dinyatakan menang namun harus menyertakan sejumlah uang untuk menebus hadiah itu sudah pasti penipuan.

4. Hadiah

Setiap lomba pasti akan ada hadiah entah itu berupa uang tunai maupun produk barang. Untuk yang legal biasanya hadiah berupa uang tunai, voucher belanja atau seperangkat produk bayi maupun baju anak.

Sedangkan yang ilegal hanya berupa piagam atau piala yang bisa dicetak sendiri serta pulsa puluhan ribu. Jangan sampai biaya pendaftaran jauh lebih mahal daripada hadiahnya.

5. Cek event-event sebelumnya

Bunda harus selektif ketika akan mengikuti kontes foto bayi.Cek dulu event-event lomba yang pernah diadakan. Apakah berjalan mulus tanpa komplain dan pesertanya banyak? Jika iya bunda bisa lanjut mengikuti kontes tersebut. Namun jika ada komentar tidak puas dari salah satu peserta lebih baik mengurungkan niat untuk mengikuti lomba tersebut.

Kontes lomba bayi yang sekarang marak di Facebook tentu saja tidak semua bisa disebut penipuan karena mereka memang sampai mengirim hadiahnya. Tapi sebagai Bunda yang berkualitas, yuk pilih kontes foto bayi secara selektif dan legal.

Gak mau dong foto dan data diri anak kita jatuh ke tangan orang yang tidak jelas?.