Brilio.net - Ngabuburit jadi momen yang paling menyenangkan saat bulan Ramadan tiba. Nggak hanya bisa berkumpul bersama keluarga, teman lama, sahabat, tapi kita juga bisa menambah kenalan. Apalagi kalau semua orang yang kamu ingin ajak ngabuburit ada di kota Jogja, tinggal tentukan tempat untuk menunggu saat berbuka puasa deh.

Nah, sebagai pilihan buat kamu yang ingin berbuka puasa di luar kos atau rumah, tempat-tempat ini bisa wajib kamu datangi. Kenapa? Karena selain variasi makanannya, harganya juga terjangkau. Mana saja? Nih!

1. Kampung Ramadan Jogokaryan
Kampung Jogokaryan terletak di daerah Mantrijeron. Seluruh kegiatan digelar di sepanjang jalan menuju masjid Jogokaryan. Di sini, kamu bakal disuguhkan dengan berbagai kuliner dan juga sejumlah produk lain yang murni berasal dari hasil olahan masyarakat sekitar. Ada 200 pedagang yang aktif berjualan setiap hari di masa Ramadan dimulai dengan berbagai jenis makanan yang bisa kamu coba.

Masjid Jogokaryan Yogyakarta sendiri merupakan salah satu masjid dengan manajemen yang bisa menjadi acuan untuk masjid-masjid yang ada di Indonesia. Saat bulan Ramadan tiba, masjid ini juga nggak kalah asyiknya dengan menyediakan menu takjil yang berbeda-beda setiap harinya.

2. Lembah UGM
Ini adalah kawasan paling gaul di Yogyakarta, karena terletak di sekitaran kampus UGM dan sangat dekat dengan masjid kampus UGM. Selama masa Ramadan, area lembah UGM berubah menjadi pasar tiban. Kebanyakan yang berjualan di sini adalah anak-anak muda dengan produk kuliner kreatifnya. Mau roti goreng isi, bakwan kawi, tempura, es dawet, pallu butung, jamur goreng, takoyaki bahkan jajanan pasar semuanya lengkap di sini.

Area ngabuburit di lembah UGM ini sangat cocok buat kamu yang mau menunggu waktu buka bersama teman, sahabat bahkan kerabat. Kalau sore jadi area ngabuburit, Minggu pagi area ini jadi kawasan pasar tiban Sunday Morning.

3. Masjid Gede Kauman
Masjid Gede Kauman selalu ramai saat bulan puasa apalagi waktu menjelang berbuka. Masjid tertua yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I ini memiliki sebuah tradisi yang hadir setiap kali bulan Ramadan tiba. Tradisi beratus tahun ini berupa menu gulai kambing untuk jamaah yang berbuka di sana. Setiap tahunnya takmir masjid menyediakan 600-700 porsi takjil per hari untuk dibagikan kepada masyarakat. Waaahhh!

4. Pasar Ramadan Kauman
Pasar ini terletak di Dusun Kauman tepatnya di sebuah gang Jalan KH Ahmad Dahlan. Masih bingun di mana tempatnya? Nih, dari Malioboro terus saja ke selatan sampai traffict light kemudian ambil kanan atau ke barat sampai barat PKU Muhammadiyah Yogyakarta, udah deh lihat selatan jalan. Pasti rame seperti pasar, ya di situlah tempatnya. Mau cari menu mulai dari minuman sampai makanan kelas kakap ada di sini. Makanya jangan sampai kamu lewatkan pasar ramadan kauman di bulan puasa tahun ini.

5. Jalur Gaza
Mendengar namanya mungkin sangat mengerikan ya? Tapi jangan salah, di jalur yang berada di sepanjang jalan Nitikan ini hampir setiap tahun program Jalur Gaza ini selalu ada. Dinamakan Jalur Gaza karena singkatan dari istilah Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada.

Di area ini kamu akan menemukan aneka menu buka puasa yang nggak kalah murah meriah. Mulai dari sup buah, kolak, sampai jajanan pasar yang udah jarang kamu temui.

 

BACA JUGA:

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Masalah klasik saat bulan puasa, bau mulut! Begini cara mengatasinya

Menag: Tak perlu memaksa tutup warung di bulan puasa

Buka jasa ketik manual, Tiny seperti melawan zaman

24 Tahun Tiny buka jasa ketik manual untuk bisa hadiahi anak rumah

Jasa pemberian nama bayi online, 2 nama 2 kali revisi Rp 100.000

15 Hal yang harus kamu lakukan ketika internet mati