Brilio.net - Sekarang ini hampir semua pekerjaan bisa dilakoni oleh laki-laki dan perempuan. Nyaris tidak ada batasan pekerjaan mana yang lazim dilakukan oleh laki-laki dan pekerjaan yang dilakoni perempuan. Istilahnya emansipasi perempuan. Di mana perempuan dan laki-laki berada pada posisi yang setara.  

Kini emansipasi perempuan semakin kentara. Banyak perempuan yang memiliki posisi pekerjaan yang dulunya hanya dilakoni seorang laki-laki saja. Berikut brilio.net sajikan, Jumat (4/9) lima posisi pekerjaan yang banyak dilakoni perempuan:

1. CEO Perusahaan

5 Pekerjaan yang tidak hanya milik laki-laki saja, perempuan juga bisa

CEO bertugas sebagai seorang komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, manajerial, dan eksekutor. Peran komunikator melibatkan pers dan seisi dunia luar, serta manajemen dan karyawan organisasi. Adapun peran pengambil keputusan mencakup keputusan tingkat tinggi serkait kebijakan dan strategi.

Loading...

Sebagai pemimpin, CEO memberi saran kepada dewan direktur, memotivasi karyawan, dan menggerakkan perubahan dalam organisasi. Sebagai manajer, CEO mengawasi operasi organisasi setiap hari, bulan, dan tahun. Kini jabatan seperti ini sudah banyak diampu oleh perempuan.

2. Pilot

5 Pekerjaan yang tidak hanya milik laki-laki saja, perempuan juga bisa

Tugas Pilot bukan sekadar menerbangkan pesawat. Akan tetapi bertanggungjawab akan keselamatan dan memastikan keamanan penumpang. Dulu tidak ada yang berani memandatkan kemudi pesawat komersil kepada perempuan. Lambat laun, tak sedikit perempuan yang ahli dalam bidang tersebut. Kini banyak pilot perempuan.

3. Militer

5 Pekerjaan yang tidak hanya milik laki-laki saja, perempuan juga bisa

Militer identik dengan perang dan kekerasan, tak lupa senjata juga. Namun kini hampir setiap negara memiliki tentara militer dari kalangan perempuan. Ini menujukkan kemampuan mereka tidak kalah dengan lawan jenisnya.

4. Pembalap Mobil

5 Pekerjaan yang tidak hanya milik laki-laki saja, perempuan juga bisa

Berpacu dalam kecepatan tinggi dan taktik khusus tidak mudah dilakukan sembarangan orang. Apalagi seorang perempuan. Dulu untuk menyetir kendaraan saja selalu diminta laki-laki yang mengoperasikan. Namun kini, jangankan untuk mobil biasa, untuk mobil balap saja ada yang dikemudikan oleh seorang perempuan.

5. Engineer

5 Pekerjaan yang tidak hanya milik laki-laki saja, perempuan juga bisa

Seorang insinyur atau Engineer adalah praktisi rekayasa profesional. Mereka menerapkan pengetahuan ilmiah, matematika, dan kecerdikan untuk mengembangkan solusi untuk masalah teknis, sosial dan komersial.

Karya seorang insinyur membentuk hubungan antara penemuan-penemuan ilmiah dan aplikasi berikutnya yang akan membuat kualitas dan hidup manusia meningkat.

Awalnya pekerjaan ini hanya dipegang oleh laki-laki. Namun kini pekerjaan ini sudah wajar dilakoni perempuan, seiring banyaknya perempuan bergelar sarjana teknik.