Brilio.net - Masih ingat kapan terakhir kali kamu belajar bikin kerajinan tangan untuk tugas kesenian di sekolah? Kayak misal bikin burung-burung dari kertas warna warni, atau bikin mangkok dari susunan stik es krim? Seru kan ya?

Jika sebelumnya kamu sudah sering banget melihat berbagai macam karya dari perkumpulan penggemar replika atau ada juga yang membuatnya sendiri dengan menggunakan kardus bekas atau kertas-kertas daur ulang. Ini ada yang lebih keren lho! Lexus, sebuah produsen merek mobil besutan Toyota untuk lini mobil mewahnya membuat replika mobil sedan Lexus IX dengan tingkat akurasi mendekat 100 persen. Wow!

Pembuatan replika mobil ini sendiri dikerjakan oleh dua worshop asal Inggris, seperti dikutip brilio.net dari autoblog, Sabtu (10/10), Scales & Models dan LaserCut Works. Lexus sendiri mengakui ide awal pembuatan replika ini terinspirasi oleh seni melipat kertas asal Jepang, Origami.

Asal tahu saja, seluruh bagian dari replika Lexus ini dibikin hanya menggunakan kardus lho. Kecuali bagian yang benar-benar berfungsi seperti mesin dan juga kerangka mobil yang terbuat dari baja dan aluminium. Nggak cuma exteriornya yang digarap dengan serius, replika Lexus IX ini juga memiliki interior, pintu, lampu depan, roda serta motor elektrik yang benar-benar berfungsi seperti layaknya mobil beneran.

Loading...

Kamu bahkan bisa mengendarai mobil replika Lexus ini turun ke jalanan lho, keren kan?

Dituturkan oleh Daniel Ryan dari LaserCut Works, kardus yang digunakan dalam pembuatan replika mobil Lexus IX ini memiliki ketebalan 10mm. Seluruh kardus yang digunakan disediakan oleh perusahaan pengepakan, DS Smith. Nah, bahan-bahan dari kardus ini kemudian akan dipotong menjadi sebanyak 1700 potong komponen dengan menggunakan laser untuk mendapatkan hasil yang benar-benar akurat seperti aslinya.

Seluruh potongan kardus tadi kemudian dirangkai dan direkatkan dengan menggunakan lem kayu. Setiap bagian membutuhkan waktu hingga 10 menit supaya benar-benar mengering dan merekat sempurna. Makanya nggak heran, proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama, hingga tiga bulan baru bisa selesai.

Replika Lexus IX ini rencananya akan dipamerkan pada publik di acara Grand Designs Live Show yang di gelar di kota Birmingham, Inggris, akhir minggu ini. Penasaran gimana kerennya mobil replika ynag terinspirasi dari origami ini? Simak beberapa fotonya berikut ini deh! Kamu pasti bikin bengong melihatnya. Keren!

Keren! Replika mobil Lexus ini dibuat dari kardus dan bisa dikendarai

Keren! Replika mobil Lexus ini dibuat dari kardus dan bisa dikendaraiInteriornya keren ya

Keren! Replika mobil Lexus ini dibuat dari kardus dan bisa dikendarai

Seperti bukan replika. Keren

Keren! Replika mobil Lexus ini dibuat dari kardus dan bisa dikendarai

Bahkan rodanya pun dari kardus.

Keren! Replika mobil Lexus ini dibuat dari kardus dan bisa dikendarai

Tampak depan. Mirip ya seperti mobil asli.

Keren! Replika mobil Lexus ini dibuat dari kardus dan bisa dikendarai

Tampak samping.