Brilio.net - Siwak atau Miswak berasal dari batang pohon salvadora persica yang sering digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Tidak semua pohon dapat digunakan untuk bersiwak, sebab tidak semua pohon memiliki tekstur yang halus untuk digunakan membersihkan bagian mulut.

Hanya akar atau bagian pohon dari salvadora persica yang baik bagi bagian mulut dengan serat halus yang tidak akan melukai gigi ataupun gusi. Umat islam menyakini bahwa hukum bersiwak adalah sunnah dan dianjurkan oleh Rasulullah. Namun lebih dari itu ternyata secara ilmiah dapat dibuktikan bahwa siwak mengandung berbagai zat yang baik untuk kesehatan mulut.

Erlina Sih Mahanani, seorang dokter gigi sekaligus dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sudah melakukan penelitian perihal pembuktian dari segi ilmiah mengenai manfaat siwak dari tahun 2008 hingga saat ini. Berikut manfaat siwak yang diperoleh brilio.net dari penelitian dokter Erlina, Kamis (7/5).

1. Anti Bakteri

Di dalam siwak terdapat mineral-mineral alami antibacterical acids, seperti abrasive dan astingents yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang terdapat didalam mulut, mencegah gigi berlubang dan memelihara kesehatan gusi.

Loading...

2. Pencerah gigi

Selain kandungan anti bakteri, dari penelitian juga diperoleh bahwa siwak mampu mencerahkan gigi. Khasiat mencerahkan gigi ini diperoleh dari kandungan kimia yang juga terdapat di dalam gigi. Kandungan kimia itu berupa sodium bicarbonate, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine dan fluoride.

3. Membantu stimulasi air liur

Anti decay agent yang ada di dalam siwak mampu merangsang produksi air liur sehingga mulut akan lebih bersih dan terhindar dari proses pembusukan sisa-sisa makanan.

4. Alami tanpa bahan kimia

Siwak berasal dari tumbuh-tumbuhan alami, sehingga dengan menggunakan siwak, maka pengguna tidak perlu lagi menggunakan pasta gigi yang bahan dasarnya berasal dari bahan-bahan kimia.

5. Antiseptik

Minyak aroma alami di dalam siwak juga ampuh untuk menjadi antiseptik dan pencegah gusi dari serangan plak yang dapat menyebabkan peradangan gusi. "Harapannya penelitian tentang siwak ini senantiasa dikembangkan, hingga banyak lagi ditemukan manfaat dari siwak," jelas dokter Erlina.

Setelah menyimak dari manfaat siwak yang dipaparkan di atas, apakah kamu akan mengganti sikat gigimu dengan siwak? kalau lebih sehat gak ada salahnya dicoba ya.