Brilio.net - Kalajengking termasuk golongan hewan yang berbahaya. Sengatannya bisa berakibat fatal. Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana tindakan awal jika tersengat Kalajengking, berikut ada lima tips yang bisa segera dilakukan, supaya sengatan tidak menimbulkan efek yang terlalu jauh.

Cara menghadapi sengatan tersebut didapatkan dari Seno Arifansyah, mantan koordinator Nasional Komunitas Pecinta Kalajengking Indonesia (KPKI). Dan ini dia beberapa tahap pertolongan pertama yang harus dilakukan seseorang jika terkena sengatan Kalajengking :

1. Cuci bagian kulit yang tersengat dengan air. Jangan lupa bersihkan bagian itu dengan sabun.
2. Oleskan minyak kayu putih atau minyak tawon pada bagian yang tersengat.
3. Minum air susu atau air kelapa.
4. Oleskan salep yang mengandung anthistamin atau analgesic. Obat ini banyak tersedia di apotek Indonesia.
5. Minum juga obat yang mengandung anthistamin atau acetaminophen.

Jika efek sengatan masih berlanjut, maka kamu harus ke dokter untuk dilakukan tindakan medis. Seno mengatakan bahwa secara umum anak kecil lebih gampang terkena efeknya ketimbang orang dewasa yang tubuhnya besar.

"Karena tiap orang punya bobot tubuh masing-masing. Makin kecil tubuhnya maka makin gampang kena efek karena kekebalan tubuh yang rendah," terang Seno yang mengaku pernah tersengat Kalajengking level 3 yang menyebabkan dirinya demam selama 2 hari.

Seno menjelaskan bahwa pada dasarnya Kalajengking merupakan jenis hewan yang penglihatannya cenderung kurang baik. Jika tidak ada gangguan, maka Kalajengking tidak akan menggigit orang yang ada di dekatnya. Makanya jika menjumpai Kalajengking, usahakan jangan panik dan bernafsu membunuhnya. Cukup singkirkan Kalajengking ke tempat yang jauh dari manusia dengan membawanya menggunakan wadah.